PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN KOLASE DENGAN MENGGUNAKAN BAHAN ALAM

Main Authors: S., Nuryani, Ali, Muhammad, Yuniarni, Desni
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2013
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/3442
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/3442/3466
Daftar Isi:
  • Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Kolase dengan Menggunakan Bahan Alam. Hal inilah yang mendorong peneliti untuk melakukan usaha memperbaiki pembelajaran. Penelitian ini dilakukan untuk memperbaiki proses pembelajaran, jenis penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas dilakukan dalam 2 (dua) siklus. Pada setiap siklus dilaksanakan 3 (tiga) kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, alat pengumpul data berupa lembar observasi anak dan lembar observasi guru, kemudian data yang diperoleh disajikan, dianalisis dan disimpulkan. Hasil penelitian menunjukkan dalam kegiatan kolase dapat meningkatkan kemampuan motorik halus. Prosentase ketuntasan yang ditentukan peneliti adalah 100%. Hasil prosentase siklus pertama pertemuan ketiga ada 9 anak atau 42% dalam memberi lem dan merekatkan pada pola gambar, 10 anak atau 47% menabur, dan 11 anak atau 52% merekatkan bahan alam. Dari hasil pengamatan dan penelitian pelaksanaan pembelajaran belum tercapai dan anak belum mampu meningkatkan motorik halus dalam kegiatan kolase. Sedangkan siklus kedua pertemuan ketiga semua anak tuntas dalam mengerjakan tugas memberi lem, menabur, dan menyusun dengan bahan alam pada pola gambar dengan kategori berkembang sangat baik (100%). Kesimpulan, melalui kegiatan kolase menggunakan bahan alam dapat meningkatkan kemampuan motorik halus. Kata Kunci : Kemampuan motorik halus melalui kegiatan kolase Increase fine motor skills through activities Collage by Using Natural Ingredients. This has prompted researchers to undertake efforts to improve learning. This study was conducted to improve the learning process, classroom action research. Classroom action research conducted in two (2) cycles. At each cycle conducted three (3) meetings. Data was collected by observation techniques, data collection tool in the form of child observation sheets and teacher observation sheet, then the data obtained are presented, analyzed and concluded. The results showed the collage activity can improve fine motor skills. Researchers determined the percentage of completeness was 100%. The results of the third meeting of the percentage of first cycle there are 9 children or 42% in a given glue and glue the picture on the pattern, 10 children or 47% grain, and 11 children or 52% glue natural ingredients. While the second cycle of the third meeting all the children completed the task given glue, sowing, and crafting with natural materials in the growing category of image patterns with very good (100%). Conclusion, through collage using natural ingredients can improve fine motor skills. Keywords: fine motor skills through activities collage