PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DISKUSI PADA MATERI KEBEBASAN BERORGANISASI DALAM PEMBELAJARAN PKn

Main Authors: F34211455, Irnawati, ., Sugiyono, ., Kaswari
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2013
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/3341
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/3341/3360
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/3341/pdf
Daftar Isi:
  • Abstract: classroom action research aims to find out about lesson planning, teaching practices and how to increase student learning by using learning methods in the discussion on the Citizenship Education learning materials beroganisasi freedom. The research is based on the fact that some in the field that there is a lack, it can be seen from the observations made. The method used is descriptive method, the form of classroom action research and research collaborations with the following properties classroom action research procedures, namely: planning, implementation, observation and reflection. Data collected in this study were: (1) data on physical activity, (2) data on mental activity, and (3) data on emotional activity. Data collection technique is the technique of direct observation, and data collection tool used is the observation sheet. The collected data were analyzed by calculating percentages and calculating average class. In cycle 1 average student activity by 64%, and average between student learning activities in cycle 2 was 89%. Conclude that by using the method of discussion on Citizenship Pendidikaan learning materials beroganisasi freedom can improve students' learning activities. Keywords: Learning Activities, Discussions, Citizenship Educatio Abstrak : penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui tentang perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan bagaimana peningkatan belajar siswa dengan menggunakan metode diskusi dalam pembelajaran pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada materi kebebasan beroganisasi. Penelitian ini didasarkan atas kenyataan yang ditemukan di lapangan bahwa masih kurangnya, hal ini dapat dilihat dari observasi yang dilakukan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif, dengan bentuk Penelitian Tindakan Kelas dan sifat penelitiannya kolaborasi dengan mengikuti prosedur Penelitian Tindakan Kelas, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini adalah : (1) data tentang aktivitas fisik, (2) data tentang aktivitas mental, dan (3) data tentang aktivitas emosional. Teknik pengumpul data adalah teknik observasi langsung, dan alat pengumpul data yang digunakan adalah lembar observasi. Data yang terkumpul tersebut dianalisis dengan perhitungan persentase dan perhitungan rata-rata kelas. Pada siklus 1 rata-rata aktivitas belajar siswa sebesar 64%, dan tara-rata aktivitas belajar siswa pada siklus 2 sebesar 89%. Simpulkan bahwa dengan menggunakan metode diskusi pada pembelajaran Pendidikaan Kewarganegaraan materi kebebasan beroganisasi dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Kata Kunci : Aktivitas Belajar, Diskusi, Pendidikan Kewarganegaraan.