MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE PEMBELAJARAN DISCOVERY PADA PELAJARAN IPA KELAS III SD

Main Authors: F33111004, Asnahwati, ., Zainuddin, Kresnadi, Hery
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2013
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/3292
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/3292/3299
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/3292/pdf
Daftar Isi:
  • Abstrak: Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Cuaca Melalui Metode Pembelajaran Discovery pada Mata Pelajaran IPA Kelas III SD Bruder Melati Pontianak. Penelitian ini bertujuan Untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran materi cuaca dengan menerapkan metode discovery. Metode penelitian yang digunakan adalah metode diskriptif kualitatif dengan bentuk penelitiannya adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Terdapat peningkatan pemahaman dan hasil belajar siswa pada materi cuaca dengan menggunakan metode pembelajaran discovery. Hal ini dapat diketahui dari peningkatan nilai dari siklus -1 dengan rata-rata 6,0 dan pada pelaksanaan tindakan siklus -2 meningkat menjadi 8,17. Hal ini menunjukkan bahwa Metode Pembelajaran Discovery dapat diterapkan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Kata Kunci: Metode Pembelajaran Discovery, hasil belajar Abstract: Abstract: Improve student learning outcomes weather material through discovery learning method at grade III SD Bruder Melati Pontianak. This research is intended to improve student learning outcomes in learning the material by applying weather discovery. The method used is descriptive qualitative method of research is a form of Classroom Action Research (CAR). There is growing understanding and student learning outcomes in weather material using discovery learning method. It can be seen from the increase in the value of cycle 1 with an average of 6,0 and the implementation of the action cycle 2 increased to 8,17. This suggest that the discovery learning method can be applied to improve student learning outcomes in subject sains. Keywords: discovery learning methods, learning outcomes .