PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA MELALUI PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS III SD

Main Authors: Setiawan, Heru, Sabri, Tahmid, Kresnadi, Hery
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2013
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/3280
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/3280/3270
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/3280/pdf
ctrlnum article-3280
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title lang="en-US">PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA MELALUI PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS III SD</title><creator>Setiawan, Heru</creator><creator>Sabri, Tahmid</creator><creator>Kresnadi, Hery</creator><description lang="en-US">Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa kelas III SDN 13 Pontianak Barat. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif, bersifat kualitatif. Bentuk penelitian ini penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian guru dan siswa kelas III yang berjumlah 30 siswa. prosedur penelitian menggunakan tahapan; perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Tekhnik analisis data menggunakan skor rata-rata dan rumus presentase sedangkan alat pengumpul data menggunakan lembar observasi, portofolio LKS dan catatan lapangan. Hasil penelitian Keterampilan proses sains siswa dalam hal kemampuan mengamati mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus III sebesar 26,66%, yang pada siklus I 63,34% menjadi 90,00% pada siklus III. Mengklasifikasi sebesar 20,00%, yang pada siklus I 70,00% menjadi 90,00%.pada siklus III. Mengkomunikasikan sebesar 25,00%, yang pada siklus I 65,00% menjadi 90,00% pada siklus III. Menyimpulkan sebesar 23,34%, yang pada siklus I 60,00% menjadi 83,34% pada siklus III. Kata Kunci: Keterampilan Proses Sains, Pembelajaran IPA, Pendekatan Keterampilan Proses Abstract: The purpose of this research is improve the skills of the fourth grade sains students of SDN 13 West Pontianak. The method used is qualitative desenptive method. The form of this research is classroom acton research; planning, implementation, observation and reflection. Technical analysis of the data using the percentage formula and the average score while data collection tool using the observation sheet, portofolio of sheet work students and field script. The results in the fourth grade sains students in observation skill increased from cycle I to cycle III 26,66% in cycle I 63,34% to be 90.00% in cycle III. Classification skill increased from cycle I to cycle III 20,00% in cycle I 70,00% to be 90.00% in cycle III. Communication skill increased from cycle I to cycle III 25,00% in cycle I 65,00% to be 90.00% in cycle III. Inference skill increased from cycle I to cycle III 23,34% in cycle I 60,00% to be 83,34% in cycle III. Keywords: Skills of Fourth Grade Sains, Sains Studies, Skills of Fourth Grade Approach</description><publisher lang="en-US">Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran</publisher><contributor lang="en-US"/><date>2013-09-12</date><type>Journal:Article</type><type>Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion</type><type>Other:</type><type>File:application/pdf</type><type>File:application/pdf</type><identifier>http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/3280</identifier><source lang="en-US">Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran; Vol 2, No 9 (2013): September 2013</source><language>eng</language><relation>http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/3280/3270</relation><relation>http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/3280/pdf</relation><recordID>article-3280</recordID></dc>
language eng
format Journal:Article
Journal
Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Other
Other:
File:application/pdf
File
Journal:eJournal
author Setiawan, Heru
Sabri, Tahmid
Kresnadi, Hery
title PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA MELALUI PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS III SD
publisher Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
publishDate 2013
url http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/3280
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/3280/3270
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/3280/pdf
contents Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa kelas III SDN 13 Pontianak Barat. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif, bersifat kualitatif. Bentuk penelitian ini penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian guru dan siswa kelas III yang berjumlah 30 siswa. prosedur penelitian menggunakan tahapan; perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Tekhnik analisis data menggunakan skor rata-rata dan rumus presentase sedangkan alat pengumpul data menggunakan lembar observasi, portofolio LKS dan catatan lapangan. Hasil penelitian Keterampilan proses sains siswa dalam hal kemampuan mengamati mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus III sebesar 26,66%, yang pada siklus I 63,34% menjadi 90,00% pada siklus III. Mengklasifikasi sebesar 20,00%, yang pada siklus I 70,00% menjadi 90,00%.pada siklus III. Mengkomunikasikan sebesar 25,00%, yang pada siklus I 65,00% menjadi 90,00% pada siklus III. Menyimpulkan sebesar 23,34%, yang pada siklus I 60,00% menjadi 83,34% pada siklus III. Kata Kunci: Keterampilan Proses Sains, Pembelajaran IPA, Pendekatan Keterampilan Proses Abstract: The purpose of this research is improve the skills of the fourth grade sains students of SDN 13 West Pontianak. The method used is qualitative desenptive method. The form of this research is classroom acton research; planning, implementation, observation and reflection. Technical analysis of the data using the percentage formula and the average score while data collection tool using the observation sheet, portofolio of sheet work students and field script. The results in the fourth grade sains students in observation skill increased from cycle I to cycle III 26,66% in cycle I 63,34% to be 90.00% in cycle III. Classification skill increased from cycle I to cycle III 20,00% in cycle I 70,00% to be 90.00% in cycle III. Communication skill increased from cycle I to cycle III 25,00% in cycle I 65,00% to be 90.00% in cycle III. Inference skill increased from cycle I to cycle III 23,34% in cycle I 60,00% to be 83,34% in cycle III. Keywords: Skills of Fourth Grade Sains, Sains Studies, Skills of Fourth Grade Approach
id IOS1805.article-3280
institution Universitas Tanjungpura
institution_id 65
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Tanjungpura
library_id 605
collection Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
repository_id 1805
subject_area Pendidikan
city PONTIANAK
province KALIMANTAN BARAT
repoId IOS1805
first_indexed 2017-08-19T21:12:27Z
last_indexed 2017-08-19T21:12:37Z
recordtype dc
_version_ 1767012379388805120
score 17.538404