PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE KERJA KELOMPOK

Main Authors: Mulyono, Sri, ., Marzuki, ., Suryani
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2013
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/3264
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/3264/3249
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/3264/pdf
Daftar Isi:
  • Abstract: This study aims to increase student activity with the implementation of team work method in learning elementary school mathematics class V ."This research method deskripitif the questionnaire form data collection tool. Subjects in the study of teachers and learners are 32 fifth grade students of elementary school 06 Sungai Pinyuh. Learners' learning activities using group work in mathematics learning materials on fractions obtained percentage of student learning activities that the average baseline was 31.25% up to 68.75% in the first cycle and increased to 90.63% in the second cycle. Thus the activities of learners can be categorized increase.Conclusion by use team work in mathematics learning can enhance learners' learning activities fifth grade Sungai Pinyuh Elementary School 06. Keywords: Activities, learning mathematics, team work method Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk peningkatan aktivitas peserta didik dengan diterapkannya metode kerja kelompok pada pembelajaran Matematika kelas V SD Negeri 06 Sungai Pinyuh Metode penelitian ini deskripitf dengan alat pengumpul data berbentuk angket. Subjek dalam penelitian ini guru dan peserta didik berjumlah 32 peserta didik kelas V SD Negeri 06 Sungai Pinyuh. Aktivitas belajar peserta didik menggunakan metode kerja kelompok dalam proses pembelajaran Matematika materi tentang pecahan diperoleh persentase aktivitas belajar siswa yaitu rata-rata baseline adalah 31,25% meningkat menjadi 68,75% pada siklus I dan meningkat menjadi 90,63% pada siklus II. Dengan demikian aktivitas peserta didik dapat dikatagorikan meningkat. Kesimpulan bahwa penggunaan metode kerja kelompok pada proses pembelajaran Matematika dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik kelas V SD Negeri 06 Sungai Pinyuh. Kata kunci : Aktivitas, pembelajaran matematika, metode kerja kelompok