REMEDIASI KESULITAN SISWA MENYELESAIKAN SOAL-SOAL HUKUM NEWTON MENGGUNAKAN SOAL OPEN-ENDED DAN UMPAN BALIK

Main Authors: yulindar, Arvina, Djudin, tomo, ., haratua
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2013
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/3127
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/3127/3137
Daftar Isi:
  • Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan keefktifan pengaruh remediasi melalui pemberian soal open-ended dan pemberian umpan balik dan disertai pembimbingan dalam mengatasi kesulitan siswa pada materi Hukum Newton kelas XI IPA di SMA Negeri 7 Pontianak. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan rancangan penelitian adalah pretest-posttest group design. Sampel penelitian ini adalah 65 siswa yang terdiri dari 24 siswa kelas eksperimen I dan 32 siswa kelas eksperimen II. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kelas eksperimen I memiliki rata-rata lebih tinggi dari pada kels eksperimen II. Hal ini disebabkan oleh perlakuan yang didapat pada kelas eksperimen I ditambahkan dengan pembimbingan. Kata Kunci: Kesulitan, Open-Ended, Umpan Balik, Bimbingan, Abstract: The purpose of this research is to know and describe the efectiveness of the influence of remediation through giving open-ended tasks and giving feedback with guidance in overcoming students difficulties at Newtons Law subject in XI IPA at SMA Negeri 7 Pontianak. The research method is Pre-Experimental with pretest-posttest group design. The research samples are 65 students that consist of 24 students in experimental class I and 32 students in experimental class II. The result of data analysis shows that experimental class I has higher average than experimental class II. This is caused by the treatment that been acquired in experimental class I with guidance. Keywords: Difficulties, Open-Ended, Feedback, Guidance