EFEKTIFITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEADS TOGETHER DALAM MENINGKATKAN DAYA INGAT DAN HASIL BELAJAR SISWA
Main Authors: | Lubis, Dian Fitriani, Mashudi, Mashudi, Khosmas, Khosmas |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2018
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/30325 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/30325/75676579542 |
Daftar Isi:
- AbstrakKeberhasilan pencapaian tujuan Pendidikan bergantung kepada bagaimana proses belajar yang dialami siswa. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Seberapa besar pengaruh penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Number Heads Together terhadap Daya Ingat Materi pada pembelajaran akuntansi (2) Seberapa besar pengaruh penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Heads Together dalam meningkatkan Hasil belajar Siswa (3) Seberapa besar pengaruh penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Heads Together dalam meningkatkan Daya Ingat Materi dan Hasil Belajar Siswa pada pembelajaran Akuntansi Kelas XII . Penelitian ini berlangsung sebanyak 2 (dua) siklus .Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa observasi. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan bahwa persentase peningkatan daya ingat materi dalam pembelajaran Akuntansi mencapai 71,875%, (kategori Sedang). Hasil penelitian pada siklus II menunjukkan persentase daya ingat materi dalam pembelajaran Akuntansi mencapai 77,42% ( kategori Tinggi). Penelitian hasil belajar siswa pada siklus I yaitu sebesar 70,27% dengan rata – rata 80 . Pada siklus II meningkat menjadi 89,19% dengan rata – rata 83. Kata kunci: Penerapan, Model Kooperatif, Number Heads Together (NHT)