PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DI SMP

Main Authors: Rizfayanti, Hesti, Martono, Martono, ., Syambasril
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2013
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/2956
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/2956/2892
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis puisi dengan menggunakan pendekatan kontekstual pada siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Mempawah Kabupaten Pontianak tahun pelajaran 2012/2013. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan prosedur penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran yang dirancang oleh guru sudah tepat dan pelaksanaan pembelajaran yang dilaksanakan guru sudah baik dan maksimal. Aktivitas dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang sangat tinggi. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan pada setiap siklus. Nilai rata-rata pada siklus I yaitu 73, 6% dan siklus II yaitu 76%, mengalami peningkatan sebesar 5,4%. Dengan demikian, pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan pendekatan kontekstual pada siswa kelas VII A sangat efektif.Kata kunci: Menulis Puisi, Pendekatan KontekstualAbstract:.This research is purposed to describe the improvement writing poetry skill by using contextual method to students of VII 1 SMP Negeri 1 Mempawah regency in academic year of 2012/2013. Research method which is used is descriptive with Classroom action research procedure. The result of the research shows that lesson planning which is conceived by the teacher is appropriate and lesson planning which is conducted by the teacher is appropriate as well as maximal. Activities and learning result are increasing very significantly. Learning result is increasing in every cycle. The average score of cycle 1 is 73,6% and cycle II 76%, it is increasing for 5,4%. Thus, writing poetry skill by using contextual method to students of VII A is very effective.Key words: Writing Poetry, method contextual