ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR ALJABAR SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA DITINJAU BERDASARKAN KEMAMPUAN MATEMATIKA

Main Authors: Widyawati, Widyawati, Astuti, Dwi, Ijudin, Romal
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2018
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/28886
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/28886/75676578650
Daftar Isi:
  • AbstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir aljabar siswa kelas VIII dalam menyelesaikan soal cerita pada materi bangun ruang sisi datar ditinjau berdasarkan kemampuan matematika di MTs Negeri 2 Pontianak. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dalam bentuk studi kasus. Subjek penelitian yaitu 34 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan non tes (wawancara). Secara umum dapat disimpulkan bahwakemampuan berpikir aljabar siswa kelas VIII dalam menyelesaikan soal cerita materi bangun ruang sisi datar ditinjau berdasarkan kemampuan matematika di MTs Negeri 2 Pontianak adalah siswa hanya mampu berada pada tahap indikator transformasi, tetapi siswa masih belum mampu menuliskan ekspresi (bentuk aljabar) dengan benar, belum mampu menuliskan model matematika dan dalam menyelesaikan masalah tidak menuliskan aturan yang digunakan serta tidak menulis kesimpulan. Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Aljabar, Menyelesaikan Soal Cerita, Kemampuan Matematika.