PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA

Main Authors: Apriliani, Hutami, ., Mashudi, ., Aminuyati
Format: Article info application/pdf eJournal
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2013
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/2686
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/2686/pdf
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/2686/pdf_1
Daftar Isi:
  • Abstract : This study aimed to determine the effect of the use of visual media on student learning outcomes on economic subjects in class 2 Rivers State High School XC Kingdom Kubu Raya district. The method used is descriptive method. The population is 31 students. Results of data analysis showed that the use of visual media in both categories with value - average of 3.22 and a questionnaire answers student learning outcomes in both categories based on value - average daily test of 72.02 students are the use of visual media to influence learning outcomes amounted to 55.6%. Key Words : Visual Media, Learning Outcomes. Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media visual terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di kelas X C SMA Negeri 2 Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 31 orang siswa. Hasil analisis data menunjukkan bahwa penggunaan media visual dalam kategori baik dengan nilai rata rata jawaban angket sebesar 3,22 dan hasil belajar siswa dalam kategori baik berdasarkan nilai rata rata ulangan harian siswa sebesar 72,02 terdapat adanya pengaruh penggunaan media visual terhadap hasil belajar sebesar 55,6%. Kata Kunci : Media Visual, Hasil Belajar.