EFEKTIVITAS REMEDIASI MISKONSEPSI SISWA MENGGUNAKAN STRATEGI KONFLIK KOGNITIF PADA MATERI HUKUM ARCHIMEDES DI SMP

Main Authors: Maulita, Siti Rahayu, Sitompul, Stepanus Sahala, Mursyid, Syukran
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2018
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/26758
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/26758/75676577444
Daftar Isi:
  • Abstrak: Penelitian ini berjudul efektivitas remediasi miskonsepsi siswa menggunakan strategi konflik kognitif pada materi hukum archimedes di Sekolah Menengah Pertama. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui remediasi miskonsepsi menggunakan strategi pembelajaran konflik kognitif efektif menurunkan persentase miskonsepsi siswa pada materi hukum Archimedes di kelas VIII SMP Negeri 5 Pontianak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, dengan bentuk Pre-Experimental Design dengan rancangan One Group Pretest-Postest. Dari hasil penelitian, ditemukan rata-rata persentase miskonsepsi siswa sebelum remediasi sebesar 80,72%, dan rata-rata persentase miskonsepsi siswa setelah remediasi sebesar 30,06%. Hal ini berarti terjadi penurunan miskonsepsi sebesar 50,65%. Tingkat efektivitas penerapan strategi konflik kognitif dalam meremediasi miskonsepsi siswa pada materi hukum Archimedes di kelas IX F SMP Negeri 5 Pontianak adalah 0,63 (tergolong sedang). Hal ini menunjukkan bahwa strategi konflik kognitif cukup efektif dalam meremediasi miskonsepsi siswa pada materi hukum Archimedes di kelas IX SMP Negeri 5 Pontianak.Kata kunci: Hukum Archimedes, Strategi Konflik Kognitif, Remediasi Miskonsepsi Siswa Abstract: This study entitled The Effectiveness of Students’ Misconception Remediation by Using Cognitive Conflict Strategy on Archimede’s Principle Material On Junior High School Level. The purpose of this study was to know whether the remediation of misconception by using cognitive conflict learning strategy effectively reduced the percentage of students’ misconception on Archimedes’s principle material on eight grade students of SMP Negeri 5 Pontianak. The method used in this research was experimental methode, with Pre-Experimental Design with One Group Pretest-Postest design. Research finding showed that the mean of students’ misconception percentage before remediation was 80,72%, and mean of students’ misconception percentage after remediation was 30,06%. It meant that there is a decreasing of misconception by 50,65%. The level of effectiveness of cognitive conflict strategy implementation in remediating students’ misconception on Archimedes principle material on class VIII F of SMP Negeri 5 Pontianak was 0,63 (moderate). It proved that cognitive conflict strategy was quite effective in remediating students’s misconception on Archimedes’s principle material on eight grade students of SMP Negeri 5 Pontianak.Keywords: Archimedes’s Principle, Cognitive conflict Strategies, Students’ Misconception Remediation