INTERAKSI SOSIAL PESERTA DIDIK DALAM PROSES PEMBELAJARAN SOSIOLOGI KELAS X SMA MUHAMMADIYAH
Main Authors: | Supatmawati, Ani, ., Sulistyarini, ., Parijo |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2013
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/2636 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/2636/2619 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana bentuk interaksi sosial peserta didik dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran sosiologi kelas X di SMA Muhammadiyah 1 Pontianak. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Hasil analisis data menunjukan bahwa bentuk interaksi yang dilakukan peserta didik, baik itu antara guru dengan peserta didik, peserta didik dengan kelompok belajar, kelompok belajar dengan kelompok belajar melakukan interaksi dengan cara kerjasama yaitu dengan saling bertukar pikiran dan tanya jawab unruk mencapai kesimpulan dari proses pembelajaran. Selanjutnya, terdapat perbedaan yang cukup signifikan antara hasil belajar peserta didik yang aktif dan yang tidak aktif pada saat proses pembelajaran. Kata kunci : Interaksi Sosial, Hasil Belajar Abstract : The purpose of this study is to determine a form of learners social interaction in learning process of Sociology subject in grade X of SMA Muhammadiyah 1 Pontianak. This study uses a qualitative approach and descriptive method. The result of data analysis shows that the form of social interaction which is applied by learner, teacher and learner, learner and learning group, learning group and other learning groups is cooperation by sharing ideas and discussion to achieve the goal of learning process. Furthermore, there is a significant difference of learning result between an active learners and passive learners while learning process is on going. Keywords : Social Interaction, Result of Learning