PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA MEMBACA NYARING PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI KELAS II SDN 04 SUNGAI KUNYIT
Main Authors: | F 34211305, Juliani, ., Abdussamad, ., Rosnita |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2013
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/2606 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/2606/2583 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/2606/pdf |
Daftar Isi:
- Abstrak: Dari hasil observasi awal yang dilakukan pada kegiatan pembelajaran membaca di kelas II A Sekolah Dasar Negeri 04 Sungai Kunyit tanggal 19 Oktober 2012, ditemukan rendahnya kemampuan siswa dalam membaca nyaring. Hal ini dikarenakan guru kurang maksimal dalam memberikan demonstrasi kepada siswa cara membaca nyaring yang baik dan benar. dengan kenyataan tersebut, perlu dilaksanakan perbaikan atau peningkatan kemampuan membaca nyaring siswa. Salah satu caranya dengan melakukan Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) adalah dengan menggunakan metode demonstrasi. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus, hasil penelitian Kemampuan siswa dalam membaca nyaring melalui metode demonstrasi yang meliputi Kemampuan siswa dalam membaca nyaring pada aspek penggunaan lafal pada siklus 1 mencapai 62,50 % pada siklus 2 mencapai 91,08 %. Kemampuan siswa dalam membaca nyaring pada aspek penggunaan intonasi pada siklus I mencapai 51,79 % pada siklus 2 mencapai 85,72 %. Kemampuan siswa dalam membaca nyaring pada aspek penggunaan jeda pada siklus 1 mencapai 64,29 % pada siklus 2 mencapai 85,72 %. Kemampuan siswa dalam membaca nyaring pada aspek penggunaan tempo pada siklus 1 mencapai 58,93 % pada siklus 2 mencapai 87,50 %. Kata Kunci: Peningkatan, Kemampuan, Membaca nyaring, siswa Abstract: From the results of preliminary observations made on the activity of learning to read in class II A Public Elementary School 04 River Turmeric dated October 19, 2012, found low ability students in reading aloud. This is because teachers less than the maximum in giving demonstrations to the students to read aloud the good and true. with this fact, should be carried out repairs or increase students' ability to read aloud. One way to conduct Classroom Action Research (CAR) is to use the method of demonstration. The research was conducted by 2 cycles, results in the ability of students to read aloud through demonstration method which includes the ability of students to read aloud on aspects of the use of pronunciation in cycle 1 reached 62.50% in cycle 2 reached 91.08%. Students' skills in reading aloud on aspects of the use of intonation in the first cycle reaches 51.79% in cycle 2 reached 85.72%. Students' skills in reading aloud on aspects of the use of pauses in cycle 1 reached 64.29% in cycle 2 reached 85.72%. Students' skills in reading aloud on aspects of the use of tempo at cycle 1 reached 58.93% in cycle 2 reached 87.50%. Keywords: Improvement, Ability, Reading aloud, students