PENINGKATAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN IPS DENGAN METODE BERMAIN PERAN KELAS II SDN 01 MEMPAWAH HILIR
Main Authors: | Asdjar, Agusnilawati, ., Rosnita, ., Abdussamad |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2013
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/2554 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/2554/2540 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/2554/pdf |
Daftar Isi:
- Abstrak : Peningkatan aktivitas pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dengan metode Bermain Peran kelas II SDN 01 Mempawah Hilir. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dengan menggunakan metode Bermain Peran kelas II SDN 01 Mempawah Hilir. Penelitian ini menggunakan metode Diskriptif dengan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan Penelitian Tindakan Kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi langsung dengan alat pengumpul data lembar observasi untuk siswa dan guru. Hasil Penelitian menunjukan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa dengan menggunakan metode Bermain Peran, pada Pembelajaran IPS di kelas II SDN 01 Mempawah Hilir yaitu aktivitas siswa sebelum Siklus I ke Siklus II 31,62% yang meliputi kerja sama sebelum Siklus I ke Siklus II 35,49%, Keberhasilan 38,71%, tanggungjawab 22,04%, aktivitas siswa berkategori baik. Kata Kunci : Bermain Peran, Peningkatan, Aktivitas Belajar. Abstract : The increase activity of Social Science by the method of playing the role of class II SDN 01 Mempawah Hilir. The purpose of this research is to increase the students learning activities in lerning of Social Science by using role play in the class II SDN 01 Mempawah Hilir. This research used descriptive qualitative approach. The research type is classroom action research. The data cellection techniques used are direct observation by using the observation sheet data collection tool for students and teacher. The result of research shower an increase in students learning activities by using this method in the Social Science Learning of Class II SDN 1 Mempawah Hilir. The students activity before cycle I to cycle II 31,62% which includes cooperation before cycle I to cycle II 35,49%, Coureges 38,71%, Psichologicals 25,81%, Spirits 35,48%, Responsibilities 22,04%, student activities are well categorized. Keyword : Play are role, increase the learning activities.