PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN METODE INKUIRI PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS VI DI SDN 08 KUBU
Main Authors: | Nurmilah, Wasi?a, ., Zainuddin, ., Suryani |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2013
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/2548 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/2548/2527 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/2548/pdf |
Daftar Isi:
- Abstrak: Peningkatan aktivitas belajar peserta didik menggunakan metode inkuiri pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kelas VI di SDN 08 Kubu. Tujuan umum penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar peserta didik pada pembelajaran IPA kelas VI di SDN 08 Kubu. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif, bentuk penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas, sifat penelitian yaitu bersifat kolaboratif dan jenis penelitian yaitu penelitian kualitatif. Pada siklus 1 terjadi peningkatan pada aktivitas fisik dari 64,28% menjadi 85,72% pada siklus II. Aktivitas mental dari 52,38% pada siklus 1 menjadi 76,19% pada siklus II. Dan aktivitas emosional dari 42,85% pada siklus I menjadi 71,43% pada siklus II. Dari hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode inkuiri pada pembelajaran IPA dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik kelas VI SDN 08 Kubu. Kata Kunci: Aktivitas belajar, Metode inkuiri, Pembelajaran IPA Abstack: increase learning activities using the inquiry method in teaching sixth grade at SDN 08 Kubu. General purpose of this research is to improve the learners learning activities in the learning science sixth grade at SDN 08 Kubu. Methods used in this study is descriptive, collaborative ture of the research and type of research that is class action research. On firs cycle occurs in physical activity from 64,28% to 85,72% in cycle two. Mental activity of 52,38% at 76,19% cycle one to cycle two. And emosional activity from 42,85% to 71, 43% in two cycle. From these results it can be concluded that by using the method of inquiry in science teaching can enhace learning activities sixth grade students of SDN 08 Kubu. Keywords: learning activities, methods of inquiry, learning science