PENINGKATAN HASIL PEMBELAJARAN PADUAN SUARA MELALUI PENDEKATAN VOKALISI PADA SISWA KELAS IX
Main Authors: | budiotomo, agus, ghozali, imam, sanulita, henny |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2013
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/2536 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/2536/2517 |
Daftar Isi:
- Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi dan gambaran tentang bagaimana peningkatan hasil pembelajaran paduan suara melalui pendekatan vokalisi pada siswa kelas IX SMP Negeri 02 Tayan Hilir Kabupaten Sanggau Provinsi Kalimantan Barat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas deskriptif analisis. Sampel penelitian ini adalah 22 siswa. Hasil analisis data menunjukkan peningkatan yang signifikan yaitu siklus I dengan nilai rata-rata 61,84, siklus II dengan nilai rata-rata 75,79 dan siklus III dengan nilai rata-rata 79,09. Dari beberapa pembuktian tesebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode vokalisi dalam pembelajaran paduan suara melalui pendekatan vokalisi dapat meningkatkan hasil pembelajaran siswa dalam bernyanyi paduan suara, dan dapat meningkatkan kualitas siswa dalam olah vokal. Oleh karena itu, pembelajaran paduan suara melalui pendekatan vokalisi ini sangat cocok diterapkan pada siswa. Kata Kunci: Hasil Pembelajaran, Paduan Suara, Pendekatan vokalisi. Abstract: This research aims to be able to get an information and the description how to improve the result of study through vocally approach by students of IX class at SMP Negeri 02 Tayan Hilir, Sanggau region, west Kalimantan province. This research use action reseach descriptive analize method. The study sample is 22 students. The result of analysis data showed significant improvement that is first cycle of the average value 61,84, the second cycle of the average volue 75,79, the third cycle of average volue 79,09. The conclution of this study is used vocally method in choir learning through vocally approuch be able to improve the result of student learning in choir it self and be able to improve students quality vocal. Therefore, choir learning using vocally approach is synchronize for the students. Keywords: Learning result, choir, vocally approach.