MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA PEMBELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR
Main Authors: | F34210058, Juara, Kresnadi, Hery, ., Abdussamad |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2013
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/2528 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/2528/2509 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/2528/pdf |
Daftar Isi:
- Abstrak: Permasalahan dalam penelitian ini, yaitu bagaimanakah meningkatkan aktivitas belajar siswa melalui metode demonstrasi pada pembelajaran IPA di kelas IV SDN 07 Tumbang Titi. Tujuan penelitian ini, yaitu (1) Meningkatkan aktivitas fisik siswa dengan menggunakan metode demonstrasi pada pembelajaran IPA. (2) Meningkatkan aktivitas mental siswa dengan menggunakan metode demonstrasi pada pembelajaran IPA. (3) Meningkatkan aktivitas emosional siswa dalam pembelajaran dengan menggunakan metode demonstrasi pada pembelajaran IPA. Metode yang digunakan dalam metode ini adalah metode deskriptif. Adapun bentuk penelitian dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, yaitu Menurut Hopkins dalam Wina Sanjaya (2010 : 53) bentuk penelitian PTK adalah spiral, yaitu penelitian yang dimulai dari merasakan adanya masalah, menyusun perencanaan, melaksanakan tindakan, melakukan observasi. Hasil penelitian ini, yaitu serbagai berikut. (1) Peningkatan aktivitas fisik siswa yaitu berdasarkan hasil pengamatan yang telah dilakukan terdapat peningkatan sebesar 27,34% kemudian dari siklus I 64,84% menjadi 91,40 ke siklus II dengan peningkatan sebesar 26,56%. Adapun peningkatan keseluruhan dari base line sebesar 37,5% ke siklus II 91.40% yaitu 53,9%. (2) Peningkatan aktivitas mental siswa keseluruhan dari base line ke siklus II 86,25% yaitu 49,22% dengan demikian kenaikan aktivitas emosional dapat dikategorikan cukup. (3) Peningkatan aktivitas emosional siswa yaitu 40,62% ke siklus II 89,84% yaitu 49,22% . Kata Kunci: aktivitas belajar, metode demonstrasi, Ilmu Pengetahuan Alam Abstract: The problem in this study, namely how improving student learning activities through demonstrations on science teaching methods in class IV SDN 07 Tumbang Titi. The purpose of this study, namely (1) Increase students' physical activity by using the method of demonstration in science learning. (2) Improve the mental activity of students using demonstration method in teaching science. (3) Enhance the emotional activity of students in learning by using a method demonstration on science learning. The method used in this method is the descriptive method. The shape of the research in this study was a classroom action research, namely in Vienna Sanjaya According to Hopkins (2010: 53) is a spiral shape PTK research, ie research that starts from the sensed a problem, planning, implementing actions, make observations. The results of this study, namely the machine as follows. (1) Increased physical activity of students is based on the observations that have been made there is an increase of 27.34% and 64.84% from the first cycle to the second cycle to 91.40 with an increase of 26.56%. The overall increase from baseline of 37.5% to 91.40% the second cycle is 53.9% ". (2) Increased mental activity of students overall from the base line to the second cycle, namely 49.22% 86.25% thereby increase emotional activity can be categorized as "pretty". (3) Increased student emotional activity that is 40.62% to 89.84% the second cycle is 49.22%. Keywords: learning activities, methods of demonstration, natural sciences