PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF

Main Authors: F34211013, Fatimah, ., Suryani, ., Zainuddin
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2013
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/2511
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/2511/2484
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/2511/pdf
Daftar Isi:
  • Abstrak: Permasalahan pada penelitian ini adalah usaha untuk meningkatkan aktivitas belajar peserta didik menggunakan model pembelajaran Kooperatif pada Mata Pelajaran Matematika diKelas II Madrasah Ibtidaiyah Negeri Teladan Pontianak Kota. Metode penelitian ini adalah metode deskriptif, bentuknya Penelitian Tindakan Kelas, dan sifat penelitian bersifat kolaboratif. Subjek penelitian guru, dan peserta didik Kelas II Madrasah Ibtidaiyah Negeri Teladan Pontianak Kota yang berjumlah 37 orang. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi langsung dan alat pengumpul data yang digunakan adalah pedoman observasi. Hasil penelitian berdasarkan dari observasi dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif dalam pembelajaran matematika tentang bangun datar sederhana dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik.. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis yang menyatakan penerapan model pembelajaran Kooperatif pada Mata Pelajaran Matematika diKelas II Madrasah Ibtidaiyah Negeri Teladan Pontianak Kota dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik, diterima. Kata kunci : Aktivitas Belajar, Model pembelajaran kooperatif, Pembelajaran Matematika Abstract: The problem in this research is an attempt to improve the learners' learning activities by using cooperative learning model on Mathematics Subject in class II of District Exemplary Elementary School of Pontianak City. This research method is descriptive, in a form of Classroom Action Research, and the nature of the research is collaborative research. The researchs subjects were teachers, and learners of Class II District Exemplary Elementary School of Pontianak City, amounting to 37 people. The technique used in this study was the technique of direct observation and data collection tool was used as the observation guidelines. The results based on observation of using cooperative learning in the mathematics learning of simple flat up to increase the learning activity of students. This shows that the hypothesis in the application of cooperative learning model on Mathematics Subject in class II of District Exemplary Elementary School of Pontianak City can improve learners' learning activities, accepted. Keywords: Learning activities, cooperative learning model, Learning Mathematics