PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGUBAH PUISI KE BENTUK PROSA OLEH SISWA KELAS VI SD NEGERI 25 TAHLUT NANGA PINOH MELAWI
Main Authors: | Anuar, P, Sabri, Tahmid, ., Syambasril |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2013
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/2451 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/2451/2402 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/2451/pdf |
Daftar Isi:
- Abstract : The purpose of research is an attempt to improve the ability to read poetry, write poetry, turning into prose. The method used in this research is descriptive method that refers to the act of writing the model classes. This research approach to improving kemmapuan kontesktual transform poetry into prose by using a contextual approach (CTL). Many students can not reach grade 6, students can only reach an average value of 4.5 and when dipersentasekan about 65% of students did not complete, which should be achieved while KKM 6.5.. Based on data analysis, it can be concluded that the contextual approach, the skill of writing poetry into prose sixth grade elementary school semester 25 Tahlut as follows. Test results transform poetry into prose, students in the first cycle an average of 55.12, an increase of 71.48 on the second cycle, then there was an increase in 16.48. Changing students' response to learning poetry into prose. Abstrak : Tujuan penelitian adalah sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan membaca puisi, menulis puisi, mengubah ke dalam bentuk prosa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriftif yang mengacu pada model penulisan tindakan kelas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kontesktual untuk meningkatkan kemmapuan mengubah puisi ke dalam bentuk prosa dengan menggunakan pendekatan kontekstual (CTL). Banyak siswa tidak dapat mencapai nilai 6, siswa hanya dapat mencapai nilai rata-rata 4,5 dan bila dipersentasekan sekitar 65 % siswa tidak tuntas, sedangkan KKM yang harus dicapai 6,5. Berdasarkan analisis data penelitian, dapat disimpulkan bahwa melalui pendekatan kontekstual, keterampilan menulis puisi ke dalam bentuk prosa kelas VI semester ganjil SD Negeri 25 Tahlut sebagai berikut. Hasil test mengubah puisi ke dalam bentuk prosa, siswa pada siklus I rata-rata 55,12, meningkat 71,48 pada siklus II, maka terjadilah peningkatan 16,48. Respon siswa terhadap pembelajaran mengubah puisi ke dalam bentuk prosa. Kata Kunci : menulis, mengubah, puisi ke prosa, kontekstual.