PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN PADA PEMBELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR

Main Authors: Sardi, Hendi, ., Abdussamad, Kresnadi, Hery
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2013
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/2423
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/2423/2364
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/2423/pdf
Daftar Isi:
  • Abstrak: Peningkatan aktivitas siswa pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 07 Sandai Ketapang diperlukan suatu upaya yang lebih serius dari guru diantaranya dengan menerapkan metode pembelajaran yang lebih berpihak kepada siswa. Adapun tujuan penelitian ini mendeskripsikan penggunaan metode eksperimen dapat meningkatkan aktivitas siswa pada pembelajaran IPA kelas IV Sekolah Dasar Negeri 07 Sandai Kabupaten Ketapang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. bentuk penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini, yaitu Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian Tindakan Kelas menurut Suyanto dalam Mahmud (2011: 199), yaitu suatu penelitian yang bersifat reflektif dengan melakukan tindakan-tindakan tertentu untuk memperbaiki atau meningkatkan praktik-praktik pembelajaran di kelas secara profesional. hasil penelitian tentang peningkatan aktivitas belajar siswa, yaitu (1) penggunaan metode eksperimen dalam pembelajaran dapat meningkatkan aktivitas fisik siswa yaitu rata-rata peningkatan kemunculan siswa sebesar 14,93%. (2) Penggunaan metode eksperimen dalam pembelajaran dapat meningkatkan aktivitas mental siswa yaitu rata-rata peningkatan kemunculan siswa sebesar 28,08%. (3) Penggunaan metode eksperimen dalam pembelajaran dapat meningkatkan aktivitas emosional siswa yaitu rata-rata peningkatan kemunculan siswa sebesar 34,21%. (4) Penggunaan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa, yaitu rata-rata peningkatan hasil belajar siswa sebesar 13,43. Kata Kunci: Akivitas, Metode Demonstrasi, Pembelajaran IPA Abstract: Increased activity of students in the Natural Sciences learning in fourth grade Elementary School District 07 Sandai Ketapang needed a more serious effort from teachers learning methods such as by applying a more pro-student. The purpose of this study describes the use of experimental methods to increase student activity in science teaching fourth grade elementary school 07 Sandai Ketapang Regency. The method used in this research is descriptive method. forms of research conducted in this research, namely classroom action research. Action Research in the Classroom by Suyanto Mahmud (2011: 199), which is a reflective study by performing certain actions to correct or improve instructional practices in the classroom in a professional manner. results of research on improving student learning activities, namely (1) the use of experimental methods in learning can increase students' physical activity which is an average increase of 14.93% emergence students. (2) The use of the experimental method of learning can improve students' mental activity which is an average increase of 28.08% emergence students. (3) The use of the experimental method of learning can improve students' emotional activity which is an average increase of 34.21% emergence students. (4) The use of experimental methods to improve student learning outcomes, which is an average increase of 13.43 student learning outcomes. Keywords: activity of, Method Demonstration, Learning IPA