PENINGKATAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN IPA MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN KELAS IV SDN 13 NANGA TAYAP

Main Authors: F34210072, Mahyan, Kresnadi, Hery, ., Abdussamad
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2013
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/2421
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/2421/2360
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/2421/pdf
Daftar Isi:
  • Abstrak: Peningkatan Aktivitas Siswa Pembelajaran IPA Menggunakan Metode Eksperimen Kelas IV SDN 13 Nanga Tayap. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran IPA menggunakan Metode Eksperimen di kelas IV SDN 13 Nanga Tayap. Metode yang digunakan ialah metode deskriptif sedangkan bentuk penelitian yang digunakan adalah survey dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas. Berdasarkan hasil akhir diperoleh dari data siklus II yaitu aktivitas fisik 95,14%, aktivitas mental 86,11%, dan aktivitas emosional 98,33%. Adapun prosentase peningkatan atau selisih keseluruhan aktivitas fisik dari base line 34,03% ke siklus II 95,14% yaitu 61,11%. Dengan demikian kenaikan aktivitas fisik dapat dikategorikan Tinggi. Prosentase peningkatan atau selisih keseluruhan aktivitas mental dari base line 27,09% ke siklus II 86,11% yaitu 59,02%. Dengan demikian kenaikan aktivitas mental dapat dikategorikan Cukup Tinggi. Prosentase peningkatan atau selisih keseluruhan aktivitas emosional dari base line 40,83% ke siklus II 98,33% yaitu 57,5%. Dengan demikian kenaikan aktivitas emosional dapat dikategorikan Cukup Tinggi. Hal ini berarti dengan menggunakan metode eksperimen dalam Ilmu Pengetahuan Alam aktivitas siswa dalam pembelajaran meningkat. Kata Kunci: Peningkatan, metode eksperimen, aktivitas siswa Abstract: Improved Student Learning Activities Science Experiment Method Using Class IV SDN 13 Nanga Tayap. This study aims to increase the activity of students in learning science experiments using Method in class IV SDN 13 Nanga Tayap. The method used is descriptive method while the study is a form of survey to the type of classroom action research. Based on the final results obtained from the second cycle of data ie 95.14% of physical activity, mental activity, 86.11%, 98.33% and emotional activity. The percentage increase or difference in overall physical activity from baseline to cycle II 34.03% 95.14% 61.11% ie. Thus the increase in physical activity can be categorized as "High". Difference in the overall percentage increase or mental activity from baseline to cycle II 27.09% 86.11% 59.02% ie. Thus the increase in mental activity can be categorized as "High Enough". Percentage increase in overall activity or emotional difference from base line to cycle II 40.83% 98.33% 57.5%. Thus increase the emotional activity can be categorized as "High Enough". This means that by using experimental methods in Natural Sciences students in learning activities increased. Keywords: Improved, experimental methods, student activities