PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL

Main Authors: Vana, Evi, Tampubolon, Budiman, ., Ngatiyo
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2013
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/2369
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/2369/2313
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/2369/pdf
Daftar Isi:
  • Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peningkatan kemampuan guru dan hasil belajar siswa pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam materi Perubahan Lingkungan Fisik dan Pengaruhnya terhadap Daratan dengan menggunakan media audio visual. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Bentuk Penilaian Tindakan Kelas yang bersifat kolaboratif, dengan subjek penelitian guru dan siswa kelas IV Sekolah Dasar Bruder Nusa Indah Pontianak. Data yang dikumpulkan adalah data skor kemampuan guru merencanakan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, nilai hasil belajar siswa. Alat pengumpul data menggunakan lembar observasi dan ters tertulis. Hasil penelitian sebagai berikut: Rata-rata kemampuan guru merencanakan pembelajaran pada Siklus I yaitu 2,29. Pada Siklus II rata-rata peningkatan menjadi 3,39. Peningkatan skor sebesar 1,10 poin. Rata-rata kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran pada Siklus I adalah 2,38. Pada Siklus II rata-rata 3,88. Peningkatan skor sebesar 1,50 poin. Hasil belajar siswa juga meningkat. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata kelas hasil belajar siswa untuk Siklus I rata-ratanya 62,11 dan pada Siklus II naik menjadi 93,78. Terjadi peningkatan sebesar 31,68 poin. Hal ini membuktikan bahwa penerapan media audio visual pada pembelajaran Ilmu Pengatahuan Alam dapat meningkatan hasil belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar Bruder Nusa Indah. Kata Kunci: peningkatan, hasil belajar, media audio visual. Abstract: The Perpuse of this research is to improve teachers skills and the students learning outcames by applyingdirect purposeful experiences media audio visual for the application of the evolution of physic natural and the effect for land. The method of this research is descriptive. The format of this research is colaborative. The subjects of this research are the teacher and the student of grade 4 Bruder Nusa Indah Pontianak city. Data which have been collected are score data of the capability of the teacher to make a lesson plan, apply yhe lesson plan, and improve the students learning outcomes. The instrumen of collecting data are abservatoin sheets and written test. The research outomes are: the average of the teacher capability in planning the lesson in the first cycle is 2,29. The average in the second cycle is 3,39. The increasing is 1,10 poin. The average of the teacher capability in applying the lesson in the first cycle is 3,88. The average in the second cycle is 3,88. The increasing is 1,50 poin. Students learning outcomes also improved. It can be seen from the average of the students learning outcomes, the average of the first cycle is 62,11 and in the second cycle is 93,78. The increasing is 31,68 points. It proofes that the application of audio visual media in science can improve students learning outcomes in grade 4 of Bruder Nusa Indah school. Keywords: improvement, learning outcomes, audio visual media