PENINGKATAN AKTIVITAS SISWADALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DENGAN MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN
Main Authors: | Tauhid, M, Halidjah, Siti, Margiati, K.Y |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2013
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/2363 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/2363/2301 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/2363/pdf |
Daftar Isi:
- Abstrak: Aktivitas siswa dalam proses belajar mengajar tidak hanya mendengarkan dan mencatat saja. Semakin banyak aktivitas yang dilakukan siswa dalam belajar, maka proses pembelajaran yang terjadi akan semakin baik. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar siswa dengan menggunakan metode eksperimen pada pembelajaran IPA tentang Pesawat sederhana di kelas V Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif. Bentuk Penelitian tindakan kelas (PTK),Yang sifat Kolaboratif. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari seluruh siswa kelas V SDN No. 05 Manis Mata yang berjumlah 30 orang siswa yang terdiri dari 14 orang siswa laki-laki dan 16 orang siswa perempuan dan Guru. Hasil penelitian ini, yaitu serbagai berikut. (1) Penggunaan metode eksperimen dalam pembelajaran IPA kelas V SDN 05 Manis Mata dapat meningkatkan aktivitas fisik siswa yaitu terdapat peningkatan sebesar 15,33%. (2) Penggunaan metode eksperimen dalam pembelajaran IPA kelas V SDN 05 Manis Mata dapat meningkatkan aktivitas fisik sebesar 38,9%. (3) Penggunaan metode eksperimen dalam pembelajaran IPA kelas V SDN 05 Manis Mata dapat meningkatkan aktivitas fisik siswa yaitu sebesar 33,34%. (4) Hasil belajar siswa terdapat peningkatan 9,7%. Kata Kunci: aktivitas siswa, pembelajaran IPA, metode eksperimen Abstract: Activities of students in the learning process not only listen and record it. The more activities that the students in learning, the learning process that happens the better. The purpose of this study is to describe the increase in students' learning activities using the experimental method of science teaching in class V plane simple method used in this research is descriptive method. Form of classroom action research (CAR), The nature of the Collaborative. Subjects in this study consisted of all fifth grade students of SDN No.. Sweet 05 eyes that were 30 students consisting of 14 male students and 16 female students and teachers. The results of this study, namely the machine as follows. (1) The use of the experimental method in science teaching fifth grade at SDN 05 Manis Mata can increase students' physical activity there is an increase of 15.33%. (2) The use of the experimental method in science teaching fifth grade at SDN 05 Manis Mata can increase physical activity by 38.9%. (3) The use of the experimental method in science teaching fifth grade at SDN 05 Manis Mata can increase students' physical activity that is equal to 33.34%. (4) The results of student learning are increased 9.7%. Keywords: activities of students, learning science, experimental methods