KEMAMPUAN PEMAHAMAN DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH

Main Authors: Martin, Martin, Tandililing, Edy, Yani, Ahmad
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2018
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/23385
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/23385/18424
Daftar Isi:
  • Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap “Apakah pemahaman matematis dan pemecahan masalah matematis siswa yang diberi pembelajaran berbasis masalah lebih baik dari pembelajaran biasa di SMP Negeri 3 Samalantan” Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experiment (Eksperimen Semu) dengan rancangan eksperimen dengan kelompok kontrol pretest postes desain, Penelitian dilaksanakan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Samalantan dengan masing-masing subyek penlitian 40 siswa baik kelas control maupun kelas eksperimen. Hasil analisis data menunjukkan secara umum siswa yang memperoleh model pembelajaran berbasis masalah mencapai kualitas kemampuan pemahaman yang lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran biasa. Sedangkan siswa yang memperoleh model pembelajaran berbasis masalah mencapai kualitas kemampuan pemecahan masalah matematik yang lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran biasa. Kata Kunci : Pemahaman Matematis, Pemecahan Masalah Matematis, dan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Abstract : This study aims to reveal "What mathematical understanding and problem solving mathematical students who were given a problem-based learning is better than learning at SMP Negeri 3 Samalantan" The method used is Quasi Experiment (Experiment ev) with experimental design with a control group pretest posttest design , research was conducted in class II SLTP 3 Samalantan with each subject study grade 40 students both control and experimental group. Data analysis results show generally students who received problem-based learning models achieve quality capabilities better understanding than students who received regular learning. While students who received problem-based learning models achieve quality mathematical problem-solving abilities are better than students who received regular learning. Keywords: Mathematical Comprehension, Mathematical Problem Solving and problem Based Learning Model