UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MODEL KOOPERATIF TIPE TAI DI SMP
Main Authors: | Sianipar, Pudensiana Apriyanti, Tandililing, Edy, Oktavianty, Erwina |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2017
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/22924 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/22924/18164 |
Daftar Isi:
- Absrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa, melalui model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) pada materi wujud zat. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. sebanyak 35 siswa kelas VII D SMP Negeri 1 Sungai Kakap menjadi partisipan dalam penelitian ini. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi lembar angket motivasi , dan lembar tes hasil belajar. Data yang diperoleh menunjukan adanya peningkatan persentase hasil belajar siswa pada siklus I ke siklus II sebesar 71,43% menjadi 80,00%. Hasil motivasi belajar siswa menunjukan peningkatan, yaitu pada siklus I ke siklus II kategori kuat 75,80% menjadi 81,14% kategori sangat kuat. Hasil penelitian ini menunjukan model pembelajaran kooperatf tipe Team Assisted Individualization dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada materi wujud zatKata kunci : Motivasi, Hasil Belajar, Kooperatif tipe TAI Abstract: The aims of this study is to increase motivation and learning outcomes, through the cooperative learning modelwith Team Assisted Individualization (TAI) type at the material states of matter. Classroom Action Research (CAR) conducted in two cycles. The participants of this research were 35 students in VII D class on SMP Negeri 1 Sungai Kakap. The instruments are consist of quesionnaire sheets motivation and achievement test. It showed that the inerease of student learning outcomes percentage on first cycle and second cycle is 71,43% to 80,00%. The results of student motivation showing improvement, namely in the first cycle and second cycle of strong category 75,80% to 81,14% strongest category. These results indicate the type Team Assisted Individualization (TAI) can improve motivation and learning outcomes of students in the material form of substance. Key Word : Motivation , Learning Outcomes , Cooperative Type TAI.