PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYIMAK MENGGUNAKAN TEKNIK PERMAINAN BERBISIK BERANTAI DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 19 SUNGAI PINYUH
Main Authors: | F.34211281, Faridah, ., Kartono, Halidjah, Siti |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2013
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/2231 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/2231/2184 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/2231/pdf |
Daftar Isi:
- Abstrak. Peningkatan kemampuan menyimak menggunakan teknik permainan berbisisk berantai di kelas V SDN 19 Sungai Pinyuh. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan menyimak menggunakan teknik permaian berbisik berantai di kelas V SDN 19 Sungai Pinyuh.Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan rancangan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian yaitu murid kelas V Sekolah Dasar Negeri 19 Sungai Pinyuh yang berjumlah 30 orang dan guru (peneliti) yang juga mengajar di kelas V Sekolah Dasar Negeri 19 Sungai Pinyuh. Teknik pengumpulan data yaitu teknik observasi langsung dan teknik pengukuran sedangkan alat pengumpul data yang digunakan adalah lembar observasi dan lembar kemampuan murid dalam menyimak. Data yang terkumpul tersebut dianalisis dan direfleksikan.Pada hasil pengamatan kemampuan menyimak menggunakan teknik permainan berbisik berantai dapat dikatakan berhasil. Hal ini terlihat dari peningkatan kemampuan menyimak yang mengalami peningkatan dari siklus I pertemuan ke-1 dan 2 rata-ratanya 37,5 dan 60. Siklus II pertemuan ke-1 dan 2 rata-ratanya 89,16 dan 96,66. Kata Kunci: kemampuan menyimak, teknik permainan berbisik berantai Abstrak. Improved listening skills using games techniques in class V berbisisk chain SDN 19 Pinyuh River. This study aims to determine the increase in listening skills using techniques permaian whisper chain in class V river Pinyuh.Research SDN 19 is using the descriptive method research design class action. Research subjects namely V-grader River Elementary School 19 Pinyuh who were 30 and teacher (researcher) who also teaches fifth grade at Public Elementary School 19 Pinyuh River. Data collection techniques are techniques of direct observation and measurement techniques, while the data collection tool used is the observation sheet and the sheet the students' ability in listening. The collected data is analyzed and reflected. On observations listening skills using game techniques whisper chain was successful. It is evident from the increase listening skills which has increased from the first cycle to the meeting-1 and 2 averaged 37.5 and 60. Cycle II meeting to-1 and 2 averaged 89.16 and 96.66. Key Words: listening ability, engineering chain whispering game