PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR MENENDANG BOLA DI KELAS XI IPS SMA
Main Authors: | ., Julfiki, Kresnadi, Hery, Puspitawati, Isti Dwi |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2013
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/2190 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/2190/2127 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/2190/pdf |
Daftar Isi:
- Abstract: This research aims for determine effect to use audio visual towards learning outcomes passing at grade XI IPS SMA Negeri 1 Pemangkat. The research method had used is a pre experimental design with plan had used is a one group pretest posttest design. The study sample is whole student grade XI IPS 4 amount to 35 student. Result data the prerequisite test display normality pretest and posttest as a result Sig value at pretest 0,160 > 0,05 and posttest 0,072 > 0,05, where as homogeneity test as a result Sig value pretest 0,665 > 0,05 and posttest 0,931 > 0,05, be found both of them normal and homogeneous. Analysis data t-Test as the result t arithmetic 9,737 to compare with t table with db = N 1 (db 34) significance 0,05 is 2,034, with that t arithmetic > t table, be found that there is effect to use audio visual towards learning outcomes passing. Keyword: Audio Visual, Passing Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar menendang bola di kelas XI IPS SMA Negeri 1 Pemangkat. Metode Penelitian yang digunakan adalah pre experimental design dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah one group pretest posttest design. Sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS 4 berjumlah 35 orang. Hasil uji prasyarat analisis data memperlihatkan uji normalitas data pretest dan posttest diperoleh nilai Sig pada pretest 0,160 > 0,05 dan posttest sebesar 0,072 > 0,05, sedangkan uji homogenitas didapat nilai Sig pretest 0,665 > 0,05 dan posttest sebesar 0,931 > 0,05, dapat disimpulkan kedua data berdistribusi normal dan homogen. Hasil analisis data uji t-Test diperoleh sebesar 9,737 dibandingkan dengan dengan db = N 1 (db 34) signifikansi 0,05 sebesar 2,034 maka > , dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar menendang bola. Kata-kata kunci: Audio Visual, Menendang Bola