PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR IPA ORGAN TUBUH MANUSIA MELALUI MEDIA TORSO KELAS V SDN 50 SUNGAI RAYA
Main Authors: | Hariyanto, Mashuri, ., Suryani, ., Kaswari |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2013
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/2171 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/2171/2112 |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan motivasi belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA serta menambah wawasan guru dalam menerapkan pembelajaran. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif terdiri dari pengumpulan data, paparan data, dan penyimpulan. Teknik analisis data dilakukan melalui observasi, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar dan hasil belajar mata pelajaran IPA organ tubuh manusia. Dimulai dari pra tindakan sebelum melakukan tindakan dengan media pembelajaran torso yaitu 54,61% kemudian pada siklus I pertemuan pertama mengalami peningkatan 6,9% menjadi 61,53%, mengalami peningkatan kembali 8,6% pada siklus I pertemuan kedua menjadi 70,76%. Pada siklus II meningkat 10,4% pada pertemuan pertama menjadi 81,53% dan meningkat kembali sebanyak 3,1% pada pertemuan kedua menjadi 84,61. Kata Kunci: Motivasi, Ilmu Pengetahuan Alam, dan Media Pembelajaran Torso. ABSTRACT: Teachers still use the lecture method and only relied on textbooks alone. Purpose of this study was to determine whether there is an increase in learning motivation and learning outcomes of student in science subjects and broaden teachers in implemeting learning. Type of research is a class act. Data collection method used is descriptive qualitative consists of collecting data, exposure data, and data analysis conclusion. The data analysis techniques trough observation and test. The results showed an increase in motivation and learning in sclense subjects of human organs beginning of the preaction before taking action with the instructional medium torso 54,61% later in the cycle of the first meetings have increased 6,9% to 61,53%, increased again to 8,6% in the cycle of the second meeting to be 70,76%, in the second cycle increased 10,4% the first meeting to be 81,53% and increased again by 3,1% in the second meeting to be 84,61%. Keywords : Motivation, Science, and instructional media.