PENYEDIAAN BOOKLET UNTUK MEREMEDIASI KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL GERAK LURUS DI MAN
Main Author: | Fadhilah, Hikmah |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2017
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/21490 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/21490/17400 |
Daftar Isi:
- Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penyediaan booklet untuk meremediasi kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal gerak lurus di kelas X MAN 2 Filial Pontianak. Bentuk penelitian yang digunakan adalah Pre-Experemental Design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIA MAN 2 Filial Pontianak. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampling jenuh dan diperoleh kelas X MIA yang berjumlah 29 peserta didik. Instrumen penelitian berupa tes esai. Tes esai terdiri dari 5 soal, masing-masing soal terdiri dari 5 bentuk kesalahan yang diteliti, yaitu: kesalahan konsep; kesalahan menggunakan data; kesalahan interpretasi bahasa, kesalahan teknis; dan kesalahan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ini, rata-rata penurunan kesalahan peserta didik adalah -6%. Tingkat efektifitas penyediaan booklet menggunakan harga proporsi, secara keseluruhan dihasilkan -0,23 atau -2,00<∆S1<0,00, sehingga dikategorikan tidak efektif. Kata Kunci: Remediasi, Kesalahan, Booklet, Gerak Lurus. Abstract: This study aims to determine the effectiveness provision of booklet to remediate students’ mistakes in solving rectilinear motion in class X MAN 2 Filial Pontianak. The population in this study is X MIA MAN 2 Filial Pontianak. Sampling was carried out with the saturation sampling and obtained class X MIA which consists of 29 students. The research instrument used is essay tests that consist of five mistakes, they are concept mistake; using data mistake; language interpretation mistake; technic mistake; and concluding mistake. The study also found the decrease in the percentage of the number of mistakes in answering the test by -6%. The result of effectiveness provision booklet is not effective that used proportion value that the value is -0.23 or -2,00<∆S1<0,00. Keywords: Remediate, Mistake, Booklet, Rectilinier Motion.