STRATEGI GUIDED NOTE TAKING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PADA MATERI IKATAN KIMIA

Main Author: Yani, Melly Indah
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2017
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/20949
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/20949/17039
Daftar Isi:
  • Abstrak: Aktivitas dan hasil belajar siswa rendah menyebabkan rendahnya persentase ketuntasan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X IPA 2 SMAN 1 Sungai Raya pada materi ikatan kimia. Bentuk penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Instrumen penelitian adalah lembar observasi dan tes hasil belajar digunakan selama dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I siswa yang aktif bertanya sebesar 10,34%, mengemukakan pendapat diskusi sebesar 48,96%, menanggapi persentasi sebesar 12,06% dan menulis sebesar 48,53%. Pada siklus II siswa yang aktif bertanya sebesar 24,13%, mengemukakan pendapat diskusi sebesar 64,93%, menanggapi persentasi sebesar 27,58%, dan menulis sebesar 65,51%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 51,72% dan siklus II sebesar 75,86%. Kata kunci : Guided note taking, Aktivitas, Hasil belajar dan Ikatan kimia Abstract: The low score of students learning result and activity cause the low percentage of students mastery learning result. This research aims to improve activity and learning outcomes of tenth grade students of IPA 2 SMA Negeri 1 Sungai Raya on chemical bonding material. The form of research was classroom action research (CAR). The instruments of this research were observation sheet and test result of learning used for two cycles. Each cycle consists of planning, action, observation and reflection. The first cycle results showed students actively ask 10,34%, put forward the discussion 48,96%, respond to presentation 12,06% and write 48,53%. In the second cycle students actively ask 24,13%, put forward the discussion 64,93%, respond to presentation 27,58% and write 65,51%. The results showed that mastery of student learning outcomes in the first cycle was 51,72% and the second cycle was 75,86%. Keywords: Guided note taking, Activity, Learning Outcomes and Chemical Bonds