PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG TERHADAP HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLAVOLI

Main Authors: Setiawan, Wawan, Supriatna, Eka, Kresnadi, Hery
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2013
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/2088
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/2088/2027
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/2088/pdf
Daftar Isi:
  • Abstrack: The effect of direct learning model to the students achievement of the basic techniques of passing the volleyball. The research purpose is to know the effect of direct learning model to the students achievement of the basic techniques of passing the volleyball. Method of research is pre-experimental design with one-group pre-test post-test design. Techniques of data analysis are pre-test and post-test by using normality test and homogeneity. To know whether there is a significant difference in analysis data by using t-test. If t arithmetic t table so the difference of the test is not significant or it can be say that there is no effect, Meanwhile, If t arithmetic ttable so the difference of the test is significant or it can be say that there is an effect. Based on the research finding showed that, tarithmetic is 21,152 and ttable is 2,042 or t arithmetic ttable. In conclusion, there is an effect of direct learning model to the students achievement of the basic techniques of passing the volleyball. Keywords: direct learning model, students achievement, underhand passing the volleyball Abstrak: Pengaruh model pembelajaran langsung terhadap hasil belajar passing bawah bolavoli. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran langsung terhadap hasil belajar passing bawah bolavoli. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre Experimental Design dengan model One-Group Pretest-Posttes Design. Teknik analisis data menggunakan pre test dan post test menggunakan rumus uji pengaruh atau uji T, sebelum data dianalisis menggunakan uji T terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan homogenitas.Untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan yang signifikan terhadap analisis data dengan menggunakan uji t. Jika t hitung t tabel maka perbedaan test tidak signifikan atau bisa dikatakan tidak memiliki pengaruh, sebaliknya jika thitung ttabel maka perbedaan tes signifikan atau bisa dikatakan memiliki pengaruh. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa thitung adalah 21,152 dan ttabel adalah 2,042 atau thitung ttabel sehingga disimpulkan ada pengaruh model pembelajaran langsung terhadap hasil belajar passing bawah bolavoli. Kata kunci: Model Pembelajaran Langsung, Hasil Belajar, Passing Bawah Bolavoli.