PENGARUH KOOPERATIF TEKNIK JIGSAW TERHADAP PEMEROLEHAN BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SEKOLAH DASAR PONTIANAK

Main Authors: Amalia, Widjki, ., Ngatiyo, ., Sukmawati
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2013
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/2067
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/2067/2008
Daftar Isi:
  • Pengaruh Kooperatif Teknik Jigsaw Terhadap Pemerolehan Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar Pontianak . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran teknik jigsaw terhadap pemerolehan belajar siswa di kelas VI SDN 16 Pontianak Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan bentuk penelitiannya adalah eksperimen semu. Berdasarkan perhitungan statistik dari rata-rata hasil post-test kelas kontrol sebesar 6,12 dan rata-rata hasil post-test kelas eksperimen sebesar 6,97 diperoleh thitung sebesar 2,833 dan ttabel (? = 5% dan dk = 61 ) sebesar 1,999 yang berarti thitung (2,833) > ttabel (1,999 ), dengan demikian maka Ha diterima. Dan dari perhitungan effect size, diperoleh effect size sebesar 0,3 (kriteria sedang). Disimpulkan dalam menggunakan model pembelajaran kooperatif teknik Jigsaw lebih efektif dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dibandingkan pembelajaran konvensional. Kata Kunci: pengaruh, koooperatif teknik jigsaw, pemerolehan belajar Abstract: The influence of benefit cooverative model tech jigsaw to study result of sixth grader student in SDN 16 south Pontianak. The purpose of this research is to know influence of benefit jigsaw to study result of sixth grader student in SDN 16 south Pontianak. The research method used experiment method. The research type is vision research. Based on statistic calculation from result average of control class post-test is 6,12 and the result average of experiment class is 6,97 obtained thitung is 2,833 and ttabel (a = 5% and dk = 61) is 1,999 that is mean thitung (2,833) > ttabel (1,999) thats why Ha received. And from the effect size calculation is 0,3 (middle criteria). Concluded in utilize kooperatif's learning model tech Jigsaw more effective in Social Science learning than conventional learning. Key word: influence, cooperative jigsaw, study result.