PENGARUH PENERAPAN COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI STATISTIKA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS
Main Authors: | Putra, Aprian Syah, ., Zubaidah R, Suratman, Dede |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2017
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/20479 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/20479/16782 |
Daftar Isi:
- Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan Computer Assisted Instruction (CAI), baik secara klasikal maupun secara individual dalam mempengaruhi hasil belajar siswa pada materi statistika. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen, dengan rancangan penelitian berupa Posttest-Only Control Group Design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Santo Fransiskus Asisi Pontianak yang terdiri dari siswa kelas XI IPS 1 sebagai kelas kontrol dan siswa kelas XI IPS 2 sebagai kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase ketuntasan hasil belajar siswa yang diberikan pembelajaran CAI secara klasikal sebesar 5.41% dan persentase ketuntasan hasil belajar siswa yang diberikan pembelajaran CAI secara individual sebesar 28.57%. Berdasarakan hasil penelitian, dapat disimpulkan penerapan CAI secara individual lebih baik dibandingkan penerapan CAI secara klasikal dengan kontribusi sebesar 86% dalam mempengaruhi hasil belajar siswa, terutama pada materi statistika. Kata Kunci : Computer Assisted Instruction, Statistika, Hasil Belajar Abstract : The purpose of this research is to determine how the application of Computer Assisted Instruction (CAI), both classically and individually in influencing student learning outcomes in statistics material. The method used is the experimental method, with the design of the research is a Posttest-Only Control Group Design. The subjects were students of class XI IPS SMA St. Fransiskus Asisi Pontianak, consist of students of class XI IPS 1 as the control class and class XI IPS 2 as the experimental class. The results showed that the percentage of completeness of student learning outcomes given in CAI done Classically at 5.41% and the percentage of completeness of student learning outcomes given in CAI done individually at 28.57%. Based on the results, it can be concluded that CAI implementation done Individually better than the CAI implementation done Classically with the contribution in influencing student learning outcomes, especially in the statistic material. Keywords: Computer Assisted Instruction, Statistic, Learning Outcomes