PENGARUH DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS SMAN 10 PONTIANAK

Main Authors: Utami, Futri, ., Witarsa,, ., Warneri
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2017
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/20311
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/20311/16642
Daftar Isi:
  • Abstrak: Penelitian dalam skripsi ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Bagaimanakah kedisiplinan belajar siswa kelas XI IPS? (2) bagaimana hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS?, (3) Seberapa besarkah pengaruh kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS?”. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif dengan bentuk penelitian studi hubungan (interrelationship studies), dengan jumlah populasi dan sampel sebanyak 113. Data diambil dengan teknik komunikasi tidak langsung (kuisioner/angket) dan dokumentasi. Hasil analisis regresi menunjukkan adanya pengaruh yang sedang, yaitu r = 0.121. Hasil analisis regresi juga menunjukkan pengaruh positif yaitu ditunjukkan dengan Y = 27,721 + 0,470X. Berdasarkan perhitungan menggunakan program komputer SPSS, dihasilkan bahwa t hitung> t tabel yaitu 3,901 > 1,982, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Koefisien Determinasi (R2) dari penelitian ini sebesar 12.1%. Kata Kunci: Disiplin Belajar, Hasil Belajar, Pelajaran Ekonomi Abstract: The research in this thesis aims to know: (1) How is the discipline of students in class XI IPS? (2) how the students' learning outcomes on the economic subjects of class XI IPS?, (3) How much influence the discipline of learning on the results of students of class XI IPS? ". The method used is quantitative descriptive method with interrelationship studies, with total population and sample 113. Data taken with indirect communication technique (questionnaire / questionnaire) and documentation. The result of regression analysis showed a moderate effect, that is r = 0.121. The result of regression analysis also showed positive effect that is shown by Y = 27,721 + 0,470X. Based on calculations using SPSS computer program, it is produced that t count> t table is 3.901> 1.982, then Ho is rejected and Ha accepted. Coefficient of Determination (R2) of this research is 12.1%. Keywords: Learning Discipline, Learning Outcomes, Economics Lesson