PENGGUNAAN MACROMEDIA FLASH BERBANTUAN SPREADSHEET UNTUK MEREMEDIASI MISKONSEPSI PADA TEKANAN ZAT CAIR DI SMP
Main Authors: | Elfina, Nur, Maria, Haratua Tiur, ., Hamdani |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa
, 2017
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/19943 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/19943/16377 |
Daftar Isi:
- Abstrak: Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui efektivitas penggunaan Macromedia Flash berbantuan Spreadsheet untuk meremediasi miskonsepsi siswa pada materi tekanan zat cair di kelas IX B SMP Negeri 8 Pontianak. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-experimental design dengan rancangan one group pre-test post-test design. Alat pengumpul data berupa tes berbentuk pilihan ganda alasan tertutup berjumlah 15 soal. Hasil tes diukur menggunakan Certainty of Response Index (CRI). Sampel penelitian ini berjumlah 32 orang dipilih dengan teknik intact group. Berdasarkan hasil penelitian, profil miskonsepsi menunjukkan rata-rata persentase bentuk miskonsepsi yang dialami siswa dari semua konsep sebesar 9.48% pada pre-test dan 0.78% pada post-test. Terjadi perubahan konseptual secara signifikan pada 12 soal atau 3 konsep dengan menggunakan uji McNemar dengan , χ2tabel = 3,81, dk = 1. Efektivitas remediasi menunjukkan effect size sebesar 1.2. Kata kunci: Remediasi, Miskonsepsi, Macromedia Flash, Spreadsheet, Tekanan zat cair Abstract: The purpose of this research was to known the effectiveness of using Macromedia Flash assisted Spreadsheet to remediate student’s misconception on liquid pressure in class IX B of SMP Negeri 8 Pontianak. The method of this research was pre-experimental with the design of one group pre-test post-test design. The data collector was closed reason multiple choices about 15. The test results were measured using Certainty of Response Index (CRI). The sample of the research was 32 students which were chosen by intact group. Based on the results, profile misconception shows the average percentage of students’ misconception of concepts was shown about 9.48 % of pre-test and 0.78 % of post-test. There was conceptual change about 12 questions or 3 concept significantly by using McNemar test, with , χ2table = 3,81, dk = 1. The effectiveness of remediation showed the effect size of 1.2. Keywords: Remediation, Misconceptions, Macromedia Flash, Spreadsheet, Liquid Pressure