PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SOSIOLOGI DI SMA

Main Authors: Agustina, Lilik, ., Rustiyarso, ., Okiana
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa , 2017
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/19933
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/19933/16370
Daftar Isi:
  • Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar sosiologi di SMA Kemala Bhayangkari 1 Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan bentuk studi hubungan. Jumlah populasi adalah 204 dengan sampel sebanyak 60 siswa dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik komunikasi tidak langsung dan studi dokumenter. Alat pengumpulan data berupa angket dan lembar catatan atau dokumen dari sekolah yang bersangkutan berupa foto dan daftar nilai siswa. Pengolahan data menggunakan analisis regresi linier sederhana berbantuan SPSS versi 16.0. Hasil analisis data membuktikan bahwa terdapat pengaruh motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar sosiologi di SMA Kemala Bhayangkari 1 Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya sebesar 38% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak peneliti teliti lebih lanjut. Kata Kunci : Motivasi Belajar, Hasil Belajar, Mata Pelajaran Sosiologi Abstract : The purpose of this research is to know the influence of learning motivation toward sociology learning outcomes at SMA Kemala Bhayangkari 1 Sungai Raya, Kubu Raya Province. The research methods used descriptive in the form of interrelationship studies. The population in this research is 204 students with sample size of 60 students with simple random sampling technique. The data collection technique used is technique of indirect communication dan documentary studies. The collection tool is questionnaire and note sheet from the school such as photo and student score list. The data processing using simple linear regression analysis with assisted of computer SPSS version 16.0. The analysis results verify that there is the influence of learning motivation toward sociology learning outcomes at SMA Kemala Bhayangkari 1 Sungai Raya, Kubu Raya Province amount 38% while the rest is affected by other variables which researcher are not thoroughly further. Keyword : Learning Motivation, Learning Outcomes, Sociology Course