PENGGUNAAN AUDIO VISUAL LAPTOP UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK CERITA ANAK PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

Main Authors: F33209034, Erfina, Sabri, Tahmid, ., Syamsiati
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2013
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/1973
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/1973/1919
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/1973/pdf
Daftar Isi:
  • Abstrak:Penggunaan Audio Visual Laptop untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Cerita Anak pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan audio visual laptop dalam meningkatkan keterampilan menyimak cerita anak pada pembelajaran bahasa Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan jenis penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas. Berdasarkan pengamatan (observasi) awal peneliti hanya 20,77% siswa yang memiliki keterampilan menyimak yang baik. Selama penerapan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) persentase tersebut meningkat menjadi 43,84% pada siklus pertama (I), kemudian menjadi 70,77% pada siklus ke dua (II), dan akhirnya mengalami peningkatan yang signifikan pada siklus ke tiga (III) yaitu 83,07%. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan audio visual laptop dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan menyimak cerita anak pada pembelajaran bahasa indonesia. Kata Kunci: Audio Visual Laptop, Menyimak, Cerita Anak. Abstract: The Use of Audio Visual Laptop to Improve Noticing Skill on Kids Story in Indonesian Language Learning. This research is intended to describe the use of audio visual laptop influence in improving noticing skill on kids story in Indonesian language learning. The method that is used in this research is descriptive method in form of Classroom Action Research (CAR). Based on the first observation, the researcher finds that only about 20,77% students have good noticing skill. During the implementation of CAR the precentage improves to 43,84% at the first cycle (Cycle I), becomes 70,77% at the second cycle (Cycle II) and finally reaches a significant percentage at the third (Cycle III) that is 83,07%. This percentage shows that the use of audio visual laptop can be used in improving noticing skill on kids story in Indonesian language learning. Keywords: Audio Visual Laptop, Noticing, Kids Story.