ANALISIS KESALAHAN SISWA MENGGUNAKAN CERTAINTY OF RESPONSE INDEX (CRI) TERMODIFIKASI PADA MATERI PECAHAN
Main Authors: | Toni, Muhammad, R, Zubaidah., Yani.T, Ahmad |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2017
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/19581 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/19581/16212 |
Daftar Isi:
- Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui miskonsepsi siswa kelas VII SMP Negeri 10 Sungai Kakap pada materi pecahan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan instrumen Certainty of Response Index (CRI) Termodifikasi. Hasil penelitian menggunakan CRI Termodifikasi menunjukkan bahwa 9% siswa tahu konsep, 81% siswa mengalami miskonsepsi, dan 10% siswa tidak tahu konsep. Miskonsepsi yang umum terjadi pada siswa kelas VII SMP N 10 Sungai Kakap pada konsep pecahan meliputi: Ketika mengoperasikan pecahan tanpa menyamakan penyebut, Ketika mengoperasikan pecahan, menyamakan penyebut tetapi salah dalam menjumlahkan pecahan, Ketika mengoperasikan pecahan, mengalikan pembilang dengan penyebut dan menjumlahkan hasil-hasil perkalian, Ketika mengoperasikan pecahan, menyamakan penyebut tetapi salah dalam mengurangkan pecahan yaitu memperoleh hasil penyebut = 1. Berdasarkan analisis data yang dikaitkan dengan teori dari pustaka ditunjang dengan hasil wawancara, peneliti menyimpulkan bahwa penyebab siswa kelas VII SMPN 10 Sungai Kakap ditinjau dari dalam diri siswa yaitu : Tidak lengkapnya pemahaman siswa terhadap konsep pecahan yang mereka pelajari, Kurangnya rasa kepedulian dalam belajar seperti tidak mau bertanya dan Tidak mau mencari sumber lain ketika mereka tidak paham pada materi pecahan yang diberikan oleh guru. Kata Kunci : Miskonsepsi, Pecahan, CRI, CRI Termodifikasi Abstract: This study aims to determine the misconceptions students of class VII SMP Negeri 10 Sungai Kakap on the material fractions. The method used is descriptive with instruments Certainty of Response Index (CRI) Modified. The results using CRI Modified showed that 9% of students know the concept, 81% of students experiencing misconceptions, and 10% of students do not know the concept. Misconceptions common in class VII SMP N 10 Sungai Kakap on the concept of fractions include: When running fractions without equating the denominator, when operate fractions, equating the denominator but one of the add fractions, When operate fractions, multiplying the numerator by the denominator and summing the results multiplication, When operate fractions, equating the denominator but wrong in subtracting fractions that get results denominator = 1. Based on analysis of data associated with the theory of literature is supported by the results of interviews, researchers concluded that the cause of the students of class VII SMP N 10 Sungai Kakap in terms of the student ie: No details students' understanding of the concept of fractions they learn, lack of a sense of caring in learning as unwilling to ask and not willing to look for other sources when they do not understand the material fractions given by the teacher Keywords : Misconception, Fraction, CRI, CRI Modification