KEMAMPUAN MANEJERIAL KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DI MADRASAYAH ALIYAH NEGERI 1 PONTIANAK

Main Authors: Paramita, Puji, ., Aunurrahman, Radiana, Usman
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2017
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/19500
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/19500/16185
Daftar Isi:
  • Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi yang komperehensip mengenai kemampuan menejerial kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru bimbingan dan konseling di Madrasah Aliyah Negeri 1 Pontianak yang berkaitan dengan perencanaan, pengawasan, evaluasi, deskripsi, dankendala yang dihadapi kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru bimbingan dan konseling.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Sumber datanya terdiri dari kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru bimbingan dan konseling, .Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara terstruktur mendalam, dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan temuan dilakukan dengan melakukan member chek, kecukupan referensi, dan melakukan triangulasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif yaitu dengan mendeskripsikan dan memaknai data.Hasil kesimpulan sebagai berikut: 1) Perencanaan kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru bimbingan dan konseling di MAN 1 Pontianak telah disiapkan sesuai dengan prosedur yang ada, 2) Pengawasan kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru bimbingan dan konseling di MAN 1 Pontianak telah dilaksanakan dengan cara pencegahan awal dan pencegahan tindakan, 3) Evaluasi kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru bimbingan dan konseling di MAN 1 Pontianak telah dilakukan dengan cara melakukan supervisi kepada guru BK secara berkala, 4) Deskripsi kompetensi guru bimbingan dan konseling di MAN 1 Pontianak telah dilaksanakan dengan memahami kompetensi pedagogik dan membantu siswa terhadap kesulitan belajarnya, 5) Kendala yang dihadapi kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru bimbingan dan konseling di MAN 1 Pontianak sudah dapat diminimalisir dengan memberikan kesempatan kepada guru BK untuk mengembangkan karir. Kata Kunci : Kemampuan managerial kepala sekolah, guru BK Abstract : This study aimed to obtain information komperehensip regarding the ability of managerial principals in improving the competence of teachers guidance and counseling in MAN 1 Pontianak related to planning, monitoring, evaluation, description, and the constraints faced by principals in improving the competence of teachers guidance and counseling. This research is a qualitative descriptive penelitain. Source data is comprised of principals, vice-principals, guidance and counseling teachers, and students. Data collection procedures performed through observation, interviews and in-depth terstrktur, and documentation. Checking the validity of the findings made by the member check, the adequacy of reference, and triangulate. Analysis of the data used is qualitative analysis is to describe and interpret the data. The results of the following conclusions: 1) Planning principals in improving the competence of teachers guidance and counseling in MAN 1 Pontianak has been prepared in accordance with existing procedures, 2) Supervision principals in improving the competence of teachers guidance and counseling in MAN 1 Pontianak has been implemented by way of prevention early and preventive action, 3) evaluation of principals in improving the competence of teachers guidance and counseling in MAN 1 Pontianak has been done by supervising teacher BK regularly, 4) Description of the competence of teachers guidance and counseling in MAN 1 Pontianak has been implemented by understanding competencies pedagogic and help students towards learning difficulties, 5) Constraints faced by principals in improving the competence of teachers in guidance and counseling MAN 1 Pontianak already can be minimized by providing opportunities for counseling teacher to develop a career. Keywords: Managerial Ability of School Principals, Teachers BK