PENGARUH LAYANAN PENEMPATAN DAN PENYALURAN TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS IX
Main Authors: | Widistiara, ., ., M. Asrori, Lestari, Sri |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2017
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/19496 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/19496/16182 |
Daftar Isi:
- Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran mengenaipengaruh layanana penempatan dan penyaluran dengan kemandirian belajar siswa metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif yang berbentuk studi hubungan mencari pengaruh hubungan antara layanan penempatan dan penyaluran terhadap kemandirian belajardijelaskan secara deskriptif. Berdasarkan hasil data Layanan Penempatan dan Penyaluran Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Siantan Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa layanan penempatan dan penyaluran yang dilaksanakan oleh guru bimbingan dan konseling pada siswa kelas IX SMP Negeri 1 Siantan mencapai 5.502 dari skor maksimal ideal 5.985 bearti mencapai 91% berada pada kategori “Baik, sedangkan kemandirian belajar pada siswa kelas IX SMP Negeri 1 Siantan mencapai skor aktual 5.750 dari skor maksimal ideal 5.985 mencpai 96% berada pada kategori “baik”. Pengaruh sangat signifikan yaitu 91,20% layanan penempatan dan penyaluran terhadap kemandirian belajar Kata Kunci :Pengaruh Layanan Penempatan Penyaluran, Kemandirian Belajar, SMP Abstac : This study aims to obtain an overview of the effect of placement sevices portfolio with independence of student learning methods used in this research is descriptive studies from relationship between placement service portfolio with independence are described in deskriptif based on the results of the data indicates that the service form teracher thatthe effect of placement sevices portfolio class IX SMP N 1 Siantan porachieve actual score in 5.502 and the ideal score in 5.985 with a percentage of 91% category of "Very Good" , and with independence of student learning studentporachieve actual score in 5.750 and the ideal score in 5.985 with a percentage of 96% category of "Very Good" the effect significan 91,20%. theeffect of placement sevices portfolio with independence of student learning Keywords: The Effect Of Placement Sevices Portfolio with Independence, Student Learning, SMP