MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGIMITASI GERAK TARI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARA LANGSUNG DI SMP KELAS VII

Main Authors: Rahmat, ., Fretisari, Imma, Muniir, Asfar
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2017
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/19445
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/19445/16148
Daftar Isi:
  • Abstrak: Berdasarkan observasi awal, ditemukan rendahnya kemampuan siswa dalam mengimitasi gerak tari, hal ini dapat dilihat pada saat peneliti melakukan observasi awal dengan memberikan tes praktik tari pada saat pelaksanaan pengenalan lingkungan sekolah (MOS). Hal ini terlihat pada saat siswa di tes,dari 34 siswa hanya 7 orang siswa yang mampu mengimitasi gerak tari. Masalah dalam penelitian ini adalah meningkatkan Kemampuan siswa dalam mengimitasi gerak tari dengan menggunakan Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction) pada siswa kelas VII B SMP Negeri 5 Paloh. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) berbentuk kualitatif yangbersifat Deskriptif analisis serta pendekatan kualitatif. Kesimpulan penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction) pada pembelajaran seni tari Japin Lembut tebas dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mengimitasi gerak tari. Kata kunci: Imitasi Gerak, Model Pembelajaran Langsung, Tari Japin Lembut Tebas Abstract: Based on the ferst observation, the resercher found the low competence of students in imitation dance movement, it could be seen from the practical test given by the researcher in the feist observation while they were having student’s orientation period. Only 7 students of 34 students who can imitate the dance movement. The problem of this research is the increasing of student’scompetence in imitating dance movement through direct instruction model on the student of class VII B SMP Negeri 5 Paloh. The conclusion of this researchis the using of direct instruction model in the art learning of Tebas Jepin Lembut dance can increase the student’s learning result in imitating dance movement. Keyword: Jigsaw Cooperative Learning, Learning Interest, Jepin Lembut Dance