KEMAMPUAN METAKOGNISI SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI BANGUN DATAR DI KELAS VII SMP

Main Authors: Nurhayati, ., Hartoyo, Agung, ., Hamdani
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2017
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/19276
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/19276/16088
Daftar Isi:
  • kemampuan metakognisi siswa dalam pemecahan masalah pada materi bangun datar di kelas VII SMP. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan bentuk penelitian adalah studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah enam orang siswa kelas VIII C yang terdiri dari dua siswa kelompok atas, dua siswa kelompok menengah, dan dua siswa kelompok bawah dalam pemecahan masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan metakognisi siswa pada kelompok atas dalam pemecahan masalah, hampir semua indikator terpenuhi pada masing-masing proses perencanaan, pemantauan, maupun evaluasi. Sementara itu, kemampuan metakognisi siswa pada kelompok menengah dalam pemecahan masalah tidak lebih baik dibanding kelompok atas saat merencanakan penyelesaian pada masing-masing proses perencanaan, pemantauan, maupun evaluasi. Untuk kemampuan metakognisi siswa pada kelompok bawah dalam pemecahan masalah semua indikator tidak terpenuhi pada masing-masing proses perencanaan, pemantauan, maupun evaluasi. Kata kunci : Kemampuan Metakognisi, Pemecahan Masalah, Bangun Datar Abstract: This research aims to describe about students’ metacognition of problem solving on plane geometry in 7th grade SMP. The research method is descriptive with case study. The subjects of this research are four students grade VIII C consist of two high students group, two middle students group, two low students group in problem solving. The result of this research shows that the student metacognition of high group in problem solving almost all indicators good in each planning process, monitoring or evaluating. Meanwhile, the ability of metacognition students of middle group in problem solving is not better than high group when planned completion in each planning process, monitoring or evaluating. For ability of metacognition students of low group in problem solving where all indicators not so good in each planning process, monitoring or evaluating. Keywords: Metacognition, Problem Solving, Plane Geometry