KETERAMPILAN MENULIS TEKSPROSEDUR KOMPLEKS SISWA KELAS X MIA 5 SMA NEGERI 4 PONTIANAK
Main Authors: | Kadorin, Katarina, Salem, Laurensius, Heryana, Nanang |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2017
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/19085 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/19085/15973 |
Daftar Isi:
- Abstrak: Penelitian bertujuan mengukur kemampuan siswa dalam menulis teks prosedur kompleks. Metode yang digunakan adalah deskriptif dan bentuk penelitiannya adalah kualitatif. Sumber data penelitian adalah siswa kelas X MIA 5 yang berjumlah 38 orang. Data penelitian adalah hasil tes teks prosedur kompleks “Pembuatan E-KTP”. Teknik yang dilakukan dalam penelitian adalah teknik komunikasi tidak langsung. Kemampuan menulis siswa dengan menerapkan struktur teks prosedur kompleks “Pembuatan E-KTP” dikategorikan kurang baik dengan persentase 74,34%. Kemampuan siswa menerapkan kalimat imperatif teks prosedur kompleks “Pembuatan KTP Elektronik dikategorikan kurang baik dengan persentase 73,68%. Kemampuan siswa menerapkan konjungsi temporal teks prosedur kompleks “Pembuatan E-KTP” dikategorikan tidak baik dengan persentase 69,29%. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa keterampilan menulis teks prosedur kompleks “Pembuatan E-KTP” pada siswa kelas X MIA 5 SMA Negeri 4 Pontianak kurang baik dilihat dari hasil analisis terhadap tulisan siswa dengan nilai yang tidak memenuhi standar KKM (78,00) mata pelajaran Bahasa Indonesia di sekolah tersebut. Kata kunci: keterampilan, menulis, teks prosedur kompleks Abstrac: The research aims measure students’ skill in writing text procedure complex. The method used research was descriptive, and the form of research was qualitative. The resource of data investigation was ten (x) grade students of X MIA 5 calculated 38 persons. Data in research was result of text procedure complex “making E-KTP”. The technique did in research was technique indirect communication. The students’ writing skill applied structure text procedure complex on “Making E-KTP” categories inadequate with percentage 74,34%. The students’ skill in applied imperative sentence on text procedure complex “Making E-KTP categorizing inadequate with percentage 73,68%. The students’ skill in applied conjunction temporal inadequate with percentage 69,29%. Based on result of investigation as concluded in general that skill writing of text procedure complex “Making E-KTP” on students ten (X) grade of MIA 5 SMA Negeri 4 Pontianak inadequate looked from result of analysis toward students’ writing with score that did not fill standard KKM (78,00) major Indonesian in that school. Key words : skill, writing, text procedure complex