KEMAMPUAN GURU SOSIOLOGI DALAM MELAKSANAKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK DI SMA MUHAMMADIYAH 1 PONTIANAK

Main Authors: Maulana, Agus, Salim, Izhar, ., Rustiyarso
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2017
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/18957
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/18957/15886
Daftar Isi:
  • Abstrak: Judul skripsi ini adalah “Kemampuan Guru Sosiologi dalam Melaksanakan Kompetensi Pedagogik di SMA Muhammadiyah 1 Pontianak”. Masalah umum penelitian ini adalah Bagaimana Kemampuan Guru Sosiologi dalam Melaksanakan Kompetensi Pedagogik di SMA Muhammadiyah 1 Pontianak ?. Sub masalahnya yang pertama bagaimana kemampuan guru dalam mengembangkan kurikulum di SMA Muhammadiyah 1 Pontianak ?, kedua bagaimana kemampuan guru dalam menciptakan kegiatan pembelajaran yang mendidik di SMA Muhammadiyah 1 Pontianak ?. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis kemampuan guru dalam mengembangkan kurikulum di SMA Muhammadiyah 1 Pontianak dan kemampuan guru dalam menciptakan kegiatan pembelajaran yang mendidik di SMA Muhammadiyah 1 Pontianak. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik, observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Analisis dalam penelitian ini disajikan secara deskriptif kualitatif dengan menggunakan informan sebanyak 2 orang yang terdiri dari kepala sekolah dan 1 orang guru mata pelajaran sosiologi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kemampuan guru dalam melaksanakan kompetensi pedagogik sudah cukup baik dari kedua indikator yang diteliti yaitu pengembangan kurikulum seperti menyusun silabus dan merancang pelaksanaan pembelajaran dengan baik sesuai dengan kurikulum sekolah dan kegiatan pembelajaran yang mendidik seperti melaksanakan aktivitas pembelajaran sesuai dengan rancangan yang disusun secara lengkap dan sesuai dengan tujuan pembelajaran. Kata kunci: Kemampuan Guru, Proses Pembelajaran, Kompetensi Pedagogik Abstract: The title of this Tesis is “The Ability Of Sosiology’s Teacher In Doing Pedagogic Competence At Sma Muhammadiyah 1 Pontianak”. General problem of this research in is “How is the ability of Sosiologys’s Teacher in doing pedagogic competence at SMA Muhammadiyah 1 Pontianak?” The first specific problem of this research is how the ability of sosiology’s teacher in developing the curriculumat SMA Muhammadiyah 1 Pontianak is, while the second is how the ability of sosiologys’ teacher in designing learnig activities at SMA Muhammadiyah 1 Pontianak is. The objectives of this research are to analyse the ability of Sosiology’s teacher in developing curriculum and to analyse the ability of Sosiology’s teacher in designing Learning activies at SMA Muhammadiyah 1 Pontianak. The approach that used in this research is qualitative approach with decriptive method. The technic of data collecting chosen are observation, interview, and documentation technic. Data Analyse in this research is presented by qualitative descriptive approach way using two informans that are Th head master and the sosiology’s teacher of SMA Muhammadiyah 1 Pontianak. The result of this research show that the ability of sosiology’s teacher in term of pedagogic competence is good enough, shown by both indicator that have been analyzed, they are develoving curriculum; syllabus design and learning activities design, and educative learning activities; doing teaching learning process based on learning plan and learning objectives Keywords: Teacher’s ability, Learning process, Pedagogyc competence.