PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI MANAJER DALAM IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH
Main Authors: | F22210020, Amirudin, Suib, Masluyah, Syukri, M. |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2013
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/1891 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/1891/1836 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/downloadSuppFile/1891/244 |
Daftar Isi:
- Abstract: This research aim to describe of MBS implementation by principle in SDN 12 Delta Pawan Sub District Ketapang Regency consist of procedure of MBS implementation, principles role as manager in implementation of MBS, supplementary factor and resistor of MBs implementation, and also principles strive to overcome the resistance in implementation of MBS. This Research use the approach qualitative by case study design. Data source are principle, teacher, and school committe. Data obtained by circumstantial interview, observation and documentation. Data analyse conducted by 3 activity path that is reduction, display, and verification. Result of data analysis indicate that the implementation of MBS by principle in SDN 12 Delta Pawan have walked effective enough and as according to policy and school planning covering procedure, the principles contribution as manager, supplementary factor and resistor, and also principles strive to overcome the resistance in implementation of MBS. Keywords: Manager, MBS, SD Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi MBS oleh kepala sekolah di SD Negeri 12 Delta Pawan Kabupaten Ketapang termasuk prosedur implementasi MBS, peran kepala sekolah sebagai manajer dalam implementasi MBS, faktor pendukung dan penghambat implementasi MBS, serta upaya kepala sekolah mengatasi hambatan dalam implementasi MBS. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Sumber data penelitian adalah kepala sekolah, guru, dan komite sekolah. Data diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi non partispan dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui 3 alur kegiatan yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil analisis data menunjukkan bahwa implementasi MBS oleh kepala sekolah di SD Negeri 12 Delta Pawan Kabupaten Ketapang telah berjalan cukup efektif dan sesuai dengan kebijakan dan perencanaan sekolah yang meliputi prosedur, kontribusi kepala sekolah sebagai manajer, faktor pendukung dan pemghambat, serta upaya kepala sekolah dalam mengatasi hambatan implementasi MBS. Kata Kunci: Manajer, MBS, SD