REMEDIASI KESALAHAN SISWA SMA MENGERJAKAN SOAL KALOR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE
Main Authors: | SYARLINDA, CLAUDIA, Sahala Sitompul, Stepanus, B. Arsyid, Syaiful |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2017
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/18857 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/18857/15850 |
Daftar Isi:
- Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persentase penurunan jumlah kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal pada materi kalor setelah diremediasi menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS). Bentuk penelitian berupa pre-experimental design dengan rancangan one group pretest-postest. Sampel penelitian ini terdiri dari 22 siswa kelas X IPA yang dipilih dengan teknik intact group (kelompok utuh). Alat pengumpul data yang digunakan berupa tes yang diberikan di awal penelitian (pre-test) dan tes di akhir penelitian (post-test) yang bersifat paralel. Skor validitas dan reliabilitas yaitu 4 (sedang) dan 0,5 (sedang). Berdasarkan hasil analisis data penurunan jumlah siswa yang melakukan kesalahan pada tiap soal untuk kesalahan menuliskan rumus sebesar 53,41%; memasukkan angka 39,77%; menghitung 30,68% dan menuliskan satuan 56,81%. Model pembelajaran kooperatif tipe TPS efektif dalam meremediasi dengan nilai sebesar 0,83 kategori tinggi. Penelitian ini dapat dijadikan alternatif oleh guru untuk meremediasi kesalahan yang dilakukan siswa dalam mengerjakan soal. Kata Kunci: Remediasi, Kesalahan Siswa, Kalor, TPS. Abstract: This study aims to figure out the percentage reduction in the number of mistakes made by students in solving Heat problems after been remediated using cooperative learning Think Pair Share (TPS) model. This research is a pre-experimental design with one group pre-test post-test design. The research sample consisted of 22 students of class X IPA selected by using intact group technique. The Data collection tool is in a parallel form of test given at the beginning of the study (pre-test) and at the end of the study (post-test). The scores of validity and reliability are 4 (medium) and 0.5 (medium) respectively. Based on the analysis, data reduction in the number of students who make mistakes on each question in writing the formula of 53.41%; entering the number of 39.77%; counting of 30.68% and writing the unit of 56.81%. Cooperative learning TPS model is effective in remediating with a value of 0.83 or high category. This research can be used as an alternative for teachers to remediate mistakes made by students while working on the problems. Keywords: Remediation, Students’ Mistakes, Heat, TPS