PEMBELAJARAN TEMATIK DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK DI KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 09 SUNGAI RAYA
Main Authors: | Mardianto, ., ., H. Mashudi, ., Hj. Sulistyarini |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2017
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/18840 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/18840/15846 |
Daftar Isi:
- Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah pembelajaran tematik dengan pendekatan saintifik di kelas III Sekolah Dasar Negeri 09 Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskrisptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data adalah: observasi langsung, komunikasi langsung, dan studi dokumenter. Alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: panduan observasi, panduan wawancara dan dokumentasi. Hasil temuan sebagai berikut: 1) Perencanaan pembelajaran tematik dengan pendekatan saintifik kelas III sudah direncanakan seperti: terdapat komponen- komponen yang cukup lengkap. 2) pelaksanaan pembelajaran tematik dengan pendekatan saintifik kelas III guru belum maksimal dalam melaksanakan pembelajaran tematik dengan menerapkan pendekatan saintifik 3) penilaian pembelajaran tematik dengan pendekatan saintifik kelas III. Guru sudah melakukan tahap penilaian yang terdiri dari penilaian aspek sikap, aspek pengetahuan dan aspek keterampilan peserta didik. Kata Kunci : Pembelajaran Tematik, Pendekatan Saintifik. Abstract: The purpose of this study is thematic learning with a scientific approach in class III State Elementary School 09 Sungai Raya Kubu Raya. This type of research is is Descriptive qualitative approach. Data collection techniques were: direct observation, direct communication, and documentary studies. Data collection tool used in this research are: manual observation, interview and documentation. Findings are as follows: 1) Planning thematic learning with a scientific approach to class III are planned such as: there are components that are complete enough. 2) implementation of the thematic learning with the scientific approach is not maximized third grade teacher in implementing the thematic learning by applying a scientific approach 3) assessment of thematic learning with the scientific approach to class III. Teachers are already doing the assessment phase consists of assessment attitude aspect, the aspect of knowledge and skills aspects of learners. Keywords: Learning Scientific, Thematic Approach