REMEDIASI MISKONSEPSI MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN CONCEPT ATTAINMENT PADA MATERI SUHU DAN KALOR DI SMA
Main Authors: | SARI, NILA, Sahala Sitompul, Stepanus, Mahmuda, Diah |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2017
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/18569 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/18569/15661 |
Daftar Isi:
- Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan strategi pembelajaran Concept Attainment dalam meremediasi miskonsepsi siswa pada materi suhu dan kalor di SMA Negeri 5 Pontianak. Bentuk Penelitian adalah pre-eksperimental design dengan rancangan one group prettest-posttest design. Populasi Penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 5 Pontianak. Sedangkan sampel ditentukan melalui teknik intact group terdiri dari 32 siswa kelas XI IPA 1. Instrumen penelitian berupa tes awal dan tes akhir menggunakan soal pilihan ganda disertai alasan terbuka. Hasil Pengujian Reliabilitas tes sebesar 0,50 (kategori sedang). Penurunan rata-rata siswa yang mengalami miskonsepsi sebesar 49%. Melalui Uji McNemar, terjadi perubahan konseptual pada siswa dengan uji signifikansi diperoleh x2hitung rata-rata (14,98)> x2tabel (3,84) untuk nilai α=5%, db=1 . Strategi pembelajaran Concept Attainment efektif untuk meremediasi miskonsepsi siswa pada materi suhu dan kalor dengan harga proporsi 0,41 (kategori sedang) artinya strategi pembelajaran Concept Attainment berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Kata Kunci: Miskonsepsi, Concept Attainment, Suhu Kalor Abstract: This study aims to find out the effectiveness of Concept Attainment strategy in remediating students’ misconception on the topic about Heat and Temperature in SMA Negeri 5 Pontianak. The form of this research is a Pre-experimental with One Group Pretest-Posttest Design. The population of this research is the whole Grade XI Natural Science Students of SMA Negeri 5 Pontianak. While the sample is determined by using intact group which consists of 32 students of Grade XI Natural Science 1. The research instruments are in the form of pre-test and post-test by using multiple choice questions provided with an open reason. The reliability test obtains a value of 0,50 (moderate category). The average decrease in the number of students’ misconception is 49%. McNemar test shows that there are conceptual changes on students where the test of significance obtained X2average count (14.98) > X2table (3.84) for α = 5%, db = 1. Concept Attainment learning strategy is effective to remediate the students’ misconception on the Heat and Temperature topic with the proportion value of 0,41 (moderate category). It means that Concept Attainment strategy affects the students’ learning outcomes. Keyword: Misconception, Concept Attainment, Heat Temperature