PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN CARD SORT TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KOLOID
Main Authors: | Eistianah, ., Enawaty, Eny, Hadi, Lukman |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2017
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/18281 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/18281/15436 |
Daftar Isi:
- Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan motivasi dan hasil belajar siswa terhadap pembelajaran menggunakan strategi pembelajaran Card Sort dengan strategi pembelajaran konvensional pada materi koloid kelas XI SMAN 10 Pontianak. Bentuk penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (Quasi Exsperimental Design) dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah “Nonequivalent Control Group Design”. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol dan XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen yang diperoleh dengan teknik Purposive Sampling. Tes hasil belajar dan angket motivasi siswa digunakan sebagai alat pengumpul data. Berdasarkan analisis data posttest dan angket motivasi belajar siswa dengan menggunakan uji U Mann Whitney (α = 5%) diperoleh nilai Asymp.Sig(2-tailed) sebesar 0,000 dan 0,000. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar dan motivasi belajar antara siswa yang diberi pembelajaran menggunakan strategi pembelajaran Card Sort dengan siswa yang diberi pembelajaran menggunakan pembelajaran konvensional. Pembelajaran menggunakan strategi pembelajaran Card Sort pada materi koloid di SMAN 10 Pontianak memberikan pengaruh sebesar 34,38 % dengan kategori tinggi terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran Card Sort , Hasil Belajar, Motivasi Belajar, Koloid Abstract: The aims of this study was to determine whether motivation and learning outcomes of students have a significant difference after being taught using Card Sort and conventional strategies on colloidal material class XI SMAN 10 Pontianak. Form of the study was "Nonequivalent Control Group Design". Samples were students of class XI IPA 2 as the control class and XI IPA 1 as experimental class. They were selected through simple random sampling technique. Pretest, posttest and questionnaire were used to collect data. According to test result, and questionnaire data analysis using U Mann Whitney test (α = 5%), Asymp.Sig (2-tailed) were 0.000 and 0.000 respectively. These meant that there was a significant difference in learning outcomes and learning motivation among students who were taught using Card Sort and conventional strategies. Learning using Card Sort strategy had 34.38% influence on increasing students learning outcomes on colloidal properties of matter at SMAN 10 Pontianak. Keywords: Card Sort Learning Strategy, Learning Outcomes, Motivation, Colloid