PENGARUH MEDIA MODIFIKASI BOLA TERHADAP HASIL BELAJAR SEPAK MULA DALAM SEPAK TAKRAW SMA
Main Authors: | Nizam, Khairun, Hidasari, Fitriana Puspa, Triansyah, Andika |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2017
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/18261 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/18261/15416 |
Daftar Isi:
- Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh modifikasi bola takraw terhadap hasil belajar sepak mula bawah dalam pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan pada siswa kelas XI SMA Negeri 6 Pontianak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan bentuk true experimental design. Sumber data penelitian ini adalah kelas XI IPS 2 berjumlah 37 orang sebagai kelas kontrol dan kelas XI IPS 3 berjumlah 37 orang sebagai kelas eksperimen. Analisis data dilakukan dengan sistem komputerisasi serta analisis dengan menggunakan uji-t. Hasil analisis data menunjukkan bahwa hasil uji-t pada kelas kontrol dan eksperimen didapatkan nilai p value 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak (Ha diterima) artinya ada peningkatan yang signifikan antara sebelum dan sesudah perlakuan, dimana dari selisih nilai mean pada kelas eksperimen (34,5) lebih besar dibandingkan pada kelas kontrol (16,0). Kata kunci : Modifikasi, Hasil Belajar, Sepak Mula Abstract: This study aimed to determine the effect of takraw ball modification towards below first kick learning achievement in physical, sports, and health education ofeleventh grade students of SMAN 6 Pontianak. The method used was an experimental method in form true experimental design. The sample of this research is a class of XI IPS 2 with 37 students as control class and class of XI IPS 3 with 37 students as an experimentclass. Data was analyzed by using computerized systems as well as analysis by using t-test. The result showed that the t-test results in control class and experimental class were 0,000 p value <0.05, therefore Howas rejected (Ha was accepted). It meant that there was a significant improvement between before and after the treatment given, in which from the difference value, the mean scoreof the experimental class ( 34.5) was higher than in the control class (16.0). Keywords: Modification, Learning achievement, First Kick